Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Batam, Edward. Foto: BX/jkf

Batamxinwen, Batam – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam sedang mendata 2000 pelajar dan mahasiswa untuk dibuatkan SIM A dan C gratis. Pembuatan SIM gratis bagi pelajar dan mahasiswa ini merupakan program Dishub untuk menciptakan pelopor keselamatan berlalulintas di kalangan pelajar Batam.

“Pembiayaan pembuatan SIM gratis ini difasilitasi oleh Dishub menggunakan anggaran APBD 2020,” kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Batam, Edward pada Batamxinwen.com, Jumat (21/2).

Dijelaskan Edward, program SIM gratis bagi milenial pelopor keselamatan ini akan dilaksanakan pada Maret nanti. Saat ini Dishub sedang melakukan pendataan dan seleksi pelajar serta mahasiswa yang memenuhi syarat untuk ikut dalam program ini.

“Untuk pendataan ini kita sudah bertemu dengan mahasiswa dan kepala sekolah menengah atas di Kota Batam. Kita lagi menunggu nama-nama yang akan diajukan dari sekolah-sekolah,” ujar Edward.

Untuk merealisasikan program SIM gratis itu, kata Edward, pihaknya sudah berkordinasi dengan pihak Satlantas Polresta Barelang.

“Wacana program ini sudah kami sampaikan secara lisan pada kasat lantas. Setelah semua data dan persyaratan sudah terkumpul, kami akan membuat surat resmi kepada satlantas. Rencananya hari ini surat itu akan ditandatangani oleh kadis untuk segera dikirim ke satlantas,” katanya.

Semua peserta program SIM gratis ini nantinya akan mengikuti tes tertulis dan praktek sesuai prosedur pembuatan SIM. Program ini, lanjut Edward, sekaligus untuk memberikan pemahaman tentang berlalulintas.

“Jadi kalau dalam tes nanti ada yang tidak lulus, peserta wajib mengulangi tes, sehingga mereka mengerti bagaimana aturan berlalulintas. Harapannya, peserta nantinya akan memberi tahu dan mengajak teman-temannya untuk menjadi pelopor keselamatan,” kata Edward.

Pembiayaan untuk program SIM gratis ini sebesar Rp 386 juta menggunakan APBD 2020. Anggaran itu sesuai dengan tarif PNBP yang ditetapkan. Pembiayaannya melalui Bank Riau kemudian diteruskan ke BRI. (jkf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here