Batamxinwen, Batam – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam menggerebek lokasi penampungan solar di Kavling Melati, Kelurahan Sei Pelenggut, Kecamatan Sagulung, Rabu (11/12/2019).

Berdasarkan informasi yang didapat di lapangan, gudang lokasi penimbunan yang digrebek tersebut berkedok bengkel mobil yang baru beroperasi setahun belakangan.

Dan dari sana terdapat 6 tangki dan satu drum yang dipergunakan untuk menampung solar subsidi. Dimana total keseluruhan diperkirakan mencapai 3 ton lebih.

“Iya tadi saya dipanggil sama Seklur di bengkel Pak Gusman ramai orang, katanya ada penggerebekan penimbunan solar,” ujar Hermanto (51), Ketua RT-02/RW-05 Kaveling Bukit Melati.

Sementara itu, Kepala Disperindag Kota Batam, Gustian Riau kepada Batamxinwen.com usai penggerbekan mengatakan, pihaknya mendapat informasi dalam satu hari, gudang tersebut bisa mengumpulkan 5 ton solar.

“Minyak ditimbun melalui mobil yang tankinya dimodifikasi. Bengkel dijadikan klamufase. Jadi 12 unit kendaraan Dapur 12 dimodifikasi tanki nya,” ujar Gustian Riau.

Gustian menyebut, Erwin pemiliknya dan Artur penjaga gudang saat ini diperiksa oleh penyidik PPNS terkait penimbunan BBM tersebut. Lanjut Gustian, operasi ke dua lanjut ke Sekupang. Ditemukan beberapa unit mobil yang tankinya sudah dimodifikasi.

“Satu unit mobil storm pemiliknya kabur karena bocornya informasi. Namun mobil tetap dibawa agar pemiliknya segera datang,” timpalnya. 

Pihaknya juga akan mengejar SPBU tempat para pelangsir membeli solar. “Tidak mungkin SPBU tidak tahu dengan jumlah pengambilan. Pasti kerjasama dengan SPBU,” duganya. 

Sebut Gustian, pihaknya masih mendalami pemeriksaan atas penimbunan minyak tersebut.

“Jika sudah terbukti unsur pidananya, akan kita limpahkan ke kepolisian,” tutupnya. (Bintang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here