Distribusi Ribon SIM Macet, Satlantas Polresta Barelang Terbitkan SIM Sementara

BatamXinwen, Batam – Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polresta Barelang mengimbau dan mengumumkan kepada masyarakat yang ingin melakukan pengurusan surat izin mengemudi (SIM) bersabar atas keterlambatan distribusi pasokan materi blanko dan ribon untuk pengurusan tersebut.

Meski demikian, layanan serta permintaan akan kepengurusan SIM tetap berjalan normal seperti biasanya. Masyarakat yang mengajukan pengurusan SIM pun tetap diterima, dan bagi yang telah dinyatakan lulus praktik, diberikan SIM sementara dalam bentuk surat atau kertas.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polresta Barelang Kompol I Putu Bayu mengatakan, distribusi materil dan ribon untuk SIM berasal dari Mabes Polri dan sudah tiga minggu mengalami kemacetan. Imbauan terkait permasalahan itu pun sudah diberikan kepada masyarakat.

“Jadi dalam tiga minggu ini, kami telah menerbitkan sebanyak kurang lebih 1,200 lembar SIM sementara,” katanya, Selasa (7/8).

Ia menerangkan, meski terjadi keterlambatan distribusi materi dan ribon untuk pengurusan SIM, khusus permohonan pembuatan dan perpanjangan masa aktif kartu tersebut dibatasi hanya proses pendataan saja. Hal itu berlaku hingga materil dan ribon SIM normal kembali.

“Permohonan pengurusan SIM tetap kami terima, layanan pun tetap dibuka baik di Polresta Barelang dan konter-konter SIM Corner yang tersedia di beberapa titik di Batam,” terangnya.

Ia menjelaskan, untuk sementara, bagi masyarakat yang telah melakukan uji praktik dan dinyatakan lulus, akan mendapat SIM sementara berupa kertas yang disertai tanda tangan dan cap resmi pihak Sat Lantas Polresta Barelang. Kertas tersebut pun memiliki fungsi sebagaimana dengan SIM.

“Apabila masyarakat terjaring operasi, razia atau mendapat musibah lakalantas, SIM sementara tersebut dapat ditunjukkkan kepada petugas atau digunakan untuk mengurusi asuransi atau semacamnya. Intinya SIM sementara ini memiliki fungsi dan kegunaan yang sama seperti SIM aslinya,” tambahnya.(pca)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here