Batamxinwen, Batam – Penanganan kasus dugaan penyulingan (kencing) minyak oleh kapal TB Sei Deli III milik Pelindo Batam dilimpahkan Kanwil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Khusus Kepri ke kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Batam.

Hal tersebut dikatakan Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi KPU BC Batam, Sumarna, saat di konfirmasi Rabu (22/1/2020).

“Saat ini masih dalam penelitian dan penyelidikan. Kapal tersebut dalam pengawasan BC Batam,” kata Sumarna.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Kepabeanan dan Cukai sekaligus Humas Kanwil DJBC Khusus Kepri, Abdul Rasyid menuturkan dilimpahkannya penanganan ke KPU Bea Cukai Batam karena mempertimbangkan efektifitas dan efesiensi penyelesaian masalah atas penindakan tersebut.

“Untuk hasil penelitian akan di koordinasikan antara BC Karimun dan Batam. Saat ini masih dalam penelitian dan penyelidikan,” ucapnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Satgas patroli laut BC Kanwil Khusus Kepri melakukan penegahan terhadap kapal TB Sei Deli III yang melakukan kegiatan transfer minyak ke Tug Boat lainnya di perairan Pulau Nipah, Minggu (19/1/2020) lalu.

Penegahan dilakukan karena penyulingan minyak atau tranfer minyak dari TB Sei Deli III ke kapal lainnya tanpa dokumen yang sah. (plo/rega)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here