Kapolresta Barelang, AKBP Prasetyo Rachmat Purboyo menginterograsi dua calon tiket kapal Pelni yang diamankan jajarannya. Foto : Bintang/ BX

Batamxinwen, Batam – Polisi berhasil mengamankan dua orang pria paruh baya berinisial MR dan RP, calo tiket kapal penumpang yang beraksi di Pelabuhan Pelayaran Nasional (Pelni), Sekupang, Kota Batam, Kamis (12/12) kemarin.

Kapolresta Barelang, AKBP Prasetyo Rachmad Purboyo saat ekspose mengatakan, kedua pria yang berprofesi sebagai porter dan juru parkir pelabuhan itu ditangkap jajaran Polsek Kepolisian Kawasan Pelabuhan (KKP) di depan Kantor Pelni.

“Modusnya dengan mengatakan kepada calon penumpang bahwa tiket tujuan Batam-Belawan keberangkatan 29 Desember telah habis,” ujar Kapolres, Jum’at (13/12) siang.

Lanjut Kapolres, keduanya mengaku baru sekali ini melakukan perbuatan tersebut. Dimana mereka memanfaatkan situasi ramainya penumpang di kala libur Natal dan Tahun Baru untuk mencari nafkah tambahan.

“Keduanya memasang harga cukup tinggi untuk tiket kapal tujuan Batam-Belawan, yakni harga tiket normal yang hanya senilai Rp 230 ribu, mereka jual dengan harga Rp 350 ribu,” jelasnya.

“Dari tujuh tiket yang kita amankan, dua diantaranya sudah laku,” timpalnya.

Adapun barang bukti yang diamankan dari kedua pria itu berupa tujuh tiket Kapal Kelud tujuan Batam – Belawan keberangkatan 29 Desember 2019 nanti, serta Kartu Keluarga yang dipakai tersangka untuk membeli tiket, dan sejumlah uang senilai Rp 700 ribu hasil penjualan dua tiket.

Atas perbuatannya, kedua tersangka dikenakan pasal 379 tentang penipuan ringan dengan ancaman hukuman kurungan penjara selama 3 bulan. (Bintang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here