Batamxinwen, Singkawang – Festival Cap Go Meh (CGM) 2020 di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, pada Sabtu 8 Februari 2020 akan dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Rencana awal memang Festival Cap Go Meh akan dibuka oleh Pak Presiden Joko Widodo. Ternyata positif beliau datang,” kata Sekretaris Panitia Festival Imlek dan Cap Go Meh 2020 Singkawang, Bong Cin Nen kepada sejumlah wartawan, Kamis (30/1/2020).

Ia mengatakan, kepastian itu setelah panitia mendapat informasi dari Dandim 1202/Singkawang bahwa Presiden Jokowi akan datang pada 8 Februari 2020 mendatang.
Karena itu, pegamanan akan diambil alih Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Muhammad Nur Rahmad.
Panitia juga sudah mempresentasi kesiapan berkaitan dengan kunjungan Presiden untuk membuka Festival CGM di Makodam XII/Tpr.
Bong Cin Nen menjelaskan, panitia telah menyiapkan dengan baik semua persiapan untuk menyukseskan Festival CGM pada 8 Februari mendatang.

“Nantinya, ada 20 barongsai, 9 naga dan 813 tatung dari Kota Singkawang, Pontianak, Sungai Pinyuh, Bengkayang, Pemangkat, dan Sambas yang akan tampil,” jelas dia.

Sementara dari luar Kalimantan Barat, telah terdaftar sebanyak 11 tatung. Yakni dari Malaysia. Dengan demikian, ada 824 tatung yang beratraksi saat Festival CGM.

Kegiatan lainnya yang sedang berjalan adalah expo dan kesenian paguyuban dari semua etnis di Stadion Kridasana, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat. Semua sudah berjalan dengan baik hingga 2 Februari nanti.

Dalam pawai lampion panitia menargetkan 100 peserta mobil hias. Diakhir acara nanti akan ditutup pada 9 Februari 2020.

Ketua Harian Festival Imlek 2571 dan CGM 2020 Singkawang, Tjhai Leonardi pun mengatakan, sebelumnya panitia sudah mengirim rangkaian acara ke protokoler istana kepresidenan.

“Kami sudah dihubungi protokoler Istana. Kami juga sudah kirim semua rundown acara. Mudah-mudahn bisa terlaksana,” tambah Tjhai Leonardi kepada Okezone.(*)

Sumber: Okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here