BatamXinwen, Karimun – Dinas Perpustakaan Kabupaten Karimun, berusaha menggali literasi atau minat baca di kalangan pelajar di Karimun melaui legenda atau suatu kisah yang dianggap oleh rakyat sebagai sesuatu yang benar-benar terjadi.

BX/Nurzalih

Kasi Pelayanan perpustakaan dan Otomasi Kabupaten Karimun, Yori Tayana mengatakan upaya literasi melalui legenda lokal yang diperlombakan ini bertujuan untuk melestarikan khazanah budaya melayu.

“Ini salah satu upaya kita untuk meningkatkan literasi atau minat baca bagi pelajar di Kabupaten Karimun,” kata Yori, Kamis (10/5).

Selain upaya meningkatkan minat baca, perlombaan bercerita Tingkat Sekolah Dasar ini juga mendukung program pemerintah untuk mengembalikan legenda nusantara di tengah-tengah masyarakat.

“Pemerintah menginginkan legenda nusantara yang memiliki pesan moril supaya diteruskan ke generasi muda untuk dapat dipelajari,” katanya.

BX/Nurzalih

Dalam lomba cerita tersebut, pihaknya meminta kepada seluruh peserta yang terdiri utusan Kecamatan untuk dapat menceritakan legenda Moyang Seraga, Badang Perkasa, Doarif dan Putri Gunung Ledang serta Tempayan.

“Dari cerita yang mereka sampaikan, nantinya akan dinilai mana yang terbaik dalam menyampaikan cerita tersebut,” katanya.(cr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here