BatamXinwen, Karimun – Kepolisian Sektor Balai Karimun mengamankan salah seorang orang Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Kabupaten Karimun berinisial RA (34) pada hari Sabtu (01/9) lalu.

RA ditangkap karena telah melakukan tindak pidana penggelapan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) milik temannya sendiri. RA sempat dipanggil terlebih dahuli sebelum diamankan oleh pihak kepolisian.

“RA kita amankan di Polsek. Sebelum diamankan kita panggil terlebih dahulu untuk dimintai keterangan, setelah dimintai keterangan ternyata si pelaku mengakui bahwa benar ia telah melakukan penggelapan BPKB motor milik temannya, dengan modus menggadaikan BPKB tersebut tanpa sepengetahuan pemiliknya, sementara temannya itu minta tolong dijualkan,” ujar Kapolsek Balai Karimun, AKP Yanuar Rizal, Kamis (06/9).

Rizal menjelaskan, kejadian ini sudah terjadi pada Desember 2017 lalu, dan baru disadari oleh korban pada April 2018. Awalnya korban memberikan sepeda motor merk Yamaha R15 beserta STNK dan BPKB nya, namun selang beberapa bulan korban hanya menerima sepeda motornya saja, sementara BPKB tersebut tidak pernah diberikan.

“Pada April itu karena tidak pernah menerima kabar, korban meminta kembali motor, BPKB dan STNK miliknya. Namun hanya diserahkan pelaku STNK dan Motornya saja, dan BPKB katanya tertinggal di rumah dan kadang berdalih bahwa BPKB tersebut dibawa oleh bosnya keluar kota,” katanya.

Setelah beberapa bulan berlalu, pelaku mengakui bahwa BPKB tersebut telah ia gadai. Lalu akhirnya pelaku dan korban membuat kesepakatan terkait pemulangan BPKB yang telah digadai tersebut.

“Setelah diberikan waktu, pelaku tak kunjung memberikan kejelasan. Akhirnya korban melaporkan perbuatannya itu ke Kepolisian pada Bulan Juli lalu,” ujarnya.

Setelah dilakukan penyelidikan, ternyata nama RA sudah masuk kedalam Daftar Calon Sementara (DCS) sebagai Bacaleg pada Pemilu 2019 mendatang dari Fraksi Partai Demokrasi Rakyat (Demokrat).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun membenarkan bahwa RA merupakan DCS Bacaleg Kabupaten Karimun Dapil 1, Karimun-Buru.

“Iya memang benar kita ada mendapatkan informasi itu. Dia juga terdaftar sebagai Bacaleg dari Partai Demokrat Dapil 1 Karimun-Buru,” jelas Eko.

Eko menambahkan, pihaknya belum bisa menindaklanjuti masalah ini sebelum proses hukumnya ingkrah, akan tetapi nama RA masih masuk kedalam daftar DCS akan tetapi sudah berstatus tersangka. (TRIE)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here