Gempa Magnitudo 5.0 di Pacitan Dirasakan Sebagian Besar Daerah Pesisir Selatan Jawa

Gempa bumi di Pacitan, Senin (22/6/2020)

Batamxinwen, Pacitan – Gempa yang berpusat di Pacitan, Jawa Timur, di rasakan beberapa daerah di pesisir selatan pulau Jawa, Senin (22/6/2020) sekitar pukul 02.33 WIB. Gempa berskala magnitudo 5,0 dirasakan dibeberapa daerah seperti Nganjuk, Trenggalek, Purworejo, Ponorogo, Banjarnegara, dan Purwokerto, Karangates, Tulungagung, Wonogiri, Bantul, Sleman, dan Yogyakarta

Menurut keterangan dari akun Twitter resmi BMKG, @infoBMKG, gempa berlokasi di 9.11 LS,110.85 BT (107 km barat daya Pacitan). Kedalaman gempa mencapai 63 kilometer dan tidak berpotensi tsunami.

Di Yogyakarta, dikabarkan banyak masyarakat kaget dan segera berhamburan keluar rumah. Laporan yang dikutip dari Tribunnews menyebutkan, di sekitar Kecamatan Pakualaman, Kota Yogyakarta, gempa dirasakan cukup kuat.

“Iya gempa cukup kuat, sampai kaget,” kata Lia, warga Kecamatan Pakualaman.
Tak hanya Yogyakarta, warga di wilayah Kabupaten Gunungkidul juga merasakan gempa tersebut. “Kami sampai keluar rumah, di sini cukup kuat,” ucap Deta, warga Kapanewon Playen, Gunungkidul melalui pesan singkat.

Baca juga:

Gunung Merapi Meletus Terpantau Kamera CCTV, Simak Videonya

Warga Kapanewon Tanjungsari, Gunungkidul, Surisdiyanto juga menyampaikan hal serupa. “Warga di sini geger, saya saja lari,” ucap Suris.

Reaksi warga Yogyakarta ini karena trauma akan peristiwa gempa besar yang pernah terjadi di Yogyakarta pada 27 Mei 2006 silam. Gempa itu merusak banyak bangunan dan menewaskan ribuan orang. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here