Sentosa Sembiring, saksi ahli perbankan usai memberikan keterangan, foto : istimewa

Batamxinwen, Batam – Sidang gugatan terhadap Tehadap BPR Dana Fanindo kembali digelar di Pengadilan Negeri Batam, Kamis (1/11).

Agenda sidang kali ini adalah mendengarkan Saksi Ahli Perbankan, Sentosa Sembiring. Dalam keterangannya, Sentosa menjelaskan mengenai nilai taksiran objek lelang, apakah ada perubahan nilai taksiran atau masih relevan, itu dinilai oleh interen pelelang.

“Jika ada perubahan, bisa diuji kembali,” ujar Sentosa di depan Majelis Hakim.

Saat ditanya Kuasa Hukum pemenang lelang, tergugat III, Shenti Manurung SH, sebagai tergugat, tentang siapa saja yang dilarang sebagai peserta lelang seperti yang diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Tahun 2016? Sentosa menjelaskan, yang dilarang sebagai peserta lelang adalah pejabat lelang.

Diterangkan Sentosa, pejabat lelang yang dimaksud dalam pasal 77 PMK Tahun 2016 adalah Pejabat Lelang dan keluarga sedarah dalam garis lurus ke atas dan ke bawah derajat pertama, suami atau istri serta saudara sekandung Pejabat
Lelang, Pejabat Penjual, Pemandu Lelang, Hakim, Jaksa, Panitera, Juru Sita, Pengacara atau Advokat, Notaris, Pejabat Pembuat Akta Tanah, Penilai, Pegawai DJKN, Pegawai Balai Lelang danPegawai Kantor Pejabat Lelang Kelas II, yang terkait langsung dengan proses lelang.

“Sesuai keterangan saksi ahli, tidak disebutkan jika komisaris itu dilarang sebagai peserta lelang,” ujar Shenti pada Batamxinwen melalui jaringan telepon, Sabtu (3/1).

Kembali pada keterengan saksi ahli, Sentosa juga menjelaskan bahwa siapa saja bisa mengajukan dirinya sebagai peserta lelang sesuai prosedur yang ditentukan, dan memenuhi syarat sebagai peserta lelang. Dan, dalam proses pelelangan, walaupun peserta lelang hanya ada satu peserta saja, proses lelang tetap akan berjalan.

Menuru Shenti, sesuai fakta di persidangan bahwa prosedur pelelangan sudah memenuhi aturan.

“Lelang yg sudah memenuhi prosedur tidak dapat dibatalkan untuk melindungi pembeli yang beritikad baik,” tegas Shenti.

Ia juga menambahkan, pihaknya sudah menajukak permohonan eksekusi pada pengdilan untuk mengosongkan rumah yang menjadi objek lelang. (rega)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here