Komandan Guskamla Koarmada I, Laksmana TNI Yayan Sofyan saat meninjau lokasi kapal kandas di periaran Batu Berhenti, Monggu, 24 November 2020. Foto: ist

Batamxinwen, Batam – Komandan Guskamla Koarmada I, Laksmana TNI Yayan Sofiyan, S.T., M.M, meninjau lokasi kandasnya kapal berbendera Cyprus MV Tina I di periaran Batu Berhenti, dekat jalur TSS East Bound Selat Singapura pada posisi 01 11.208′ N – 103 52.818′ E, Minggu, 24 November 2020.

Melalui rilis yang diterima Batamxinwen.com, Senin, 25 November 2020, Laksamana Yayan menyebutkan, informasi awal yang diterima pihaknya, MV Tina I kandas karena menghindari tug boat. Namun, penyebab pasti kandasnya kapal bermuatan 4096 kontainer yang berlayar dari Singapura menuju Jakarta itu belum diketahui.

Melihat situasi di perairan Batu Berhenti yang banyak dilalui kapal, Laksamana Yayan memerintahkan KRI KRT dan KRI SGR untuk mengawasi dan mengamankan jalur navigasi di sekitar lokasi kandasnya kapal MV Tina I dan MV Sharaz. “Pengawasan dan pengamanan di area tersebut dengan cara membroadcast melalui radio agar kapal-kapal memperhatikan keamanan bernavigasi saat melintas lokasi kejadian,” kata Laksamana Yayan.

Dalam melakukan pengawasan dan pengamanan itu, Guskamla Kormada I juga berkordinasi dengan kapal-kapal dari instansi lainnya seperti Lanal Batam, KSOP, KPLP, dan Polairud Polda Kepri sesuai instruksi Pangkoarmada I, Laksda TNI M. Rasyid K, S.E., MM.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here