Batamxinwen, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah resmi akan kembali membuka tempat keramaian seperti pusat perbelanjaan non pangan, restoran termasuk kafe hingga mal. Namun, Anies belum membicarakan pembukaan tempat hiburan. Padahal, pengusaha di sektor itu sudah berkeinginan untuk kembali beroperasi setelah tutup hampir 3 bulan

“Kemarin minggu lalu dengan Pak Kadis (Kepala Dinas Pariwisata) tuntutan pengusaha itu mau cepat buka, saya pribadi ingin cepat buka, tapi saya hargai keputusan Pemprov dengan bijaksana, karena ini semua menyangkut new normal life yang kita harus beradaptasi, penetrasinya gimana,” kata Ketua Asosiasi Pengusaha Hiburan Jakarta (Aspija) Hana Suryani kepada CNBC Indonesia, Kamis (4/6).

Keinginan pengusaha hiburan untuk kembali beroperasi karena faktor kerugian yang tidak sedikit. Hana memperkirakan kerugian tempat hiburan akibat tidak beroperasi selama 2-3 bulan terakhir mencapai Rp 1-2 triliun.

“Paling besar saya lihat per hari ada yang Rp 500 juta. Atau pas penutupan mereka rugi berapa miliar rupiah ada. Lebih kalau Rp 500 miliar. Rp 1 hingga 2 triliunan ada. Karena hiburan salah satu penyumbang PAD terbesar, mungkin triliunan menurut saya,” ungkap Hana.

Jika semakin lama digantung, maka akan semakin sulit bagi pengusaha untuk tetap bisa bertahan. Jika sudah ada pernyataan resmi dari Gubernur DKI Jakarta mengenai waktu buka bagi pengusaha hiburan, maka itu akan memudahkan bagi pengusaha untuk melakukan persiapan. Diantaranya mengembalikan karyawan yang selama ini sudah dI-PHK maupun dirumahkan.

“Kita butuh kepastian, misal menyiapkan karyawan untuk rekrutmen, ini yang harus disiapkan. Jadi kita perlu tau kapan, misal di 15 Juli. Kalau nggak ada kepastian, itu berat banget. Termasuk finance bisa lebih matang,” sebut Hana.

Tempat hiburan yang dihentikan operasi saat masa PSBB 10 April di DKI Jakarta, antara lain:

1. Klab Malam
2. Diskotek
3. Pub/Musik
4. Karaoke Keluarga
5. Karaoke Executive
6. Bar/Rumah Minum
7. Griya Pijat
8. Spa
9. Bioskop
10. Bola Gelinding
11. Bola Sodok
12. Mandi Uap
13. Seluncur
14. Arena permainan ketangkasan manual, mekanik dan elektronik untuk orang dewasa

Sektor hiburan masuk dalam tahap fase II pelonggaran PSBB di DKI Jakarta. Anies belum bisa memastikan kapan waktunya, karena menunggu fase I dievaluasi.

Sumber: CNBC Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here