Hati Hati Modus Penipuan Melalui Telepon

BATAMXINWEN.COM  — Banyak cara yang dilakukan para penjahat untuk menjaring korbannya. Salah satu modusnya adalah dengan menggunakan telepon selular.

Di daerah Kuala Tanjung, Kabupaten Batu Bara, salah satu orang tua bernama Yunif (65) hampir saja menjadi korban penipuan tersebut.

Ketika sedang berkendara di atas sepeda motor, tiba-tiba telepon-nya dihubungi oleh seorang pemuda yang nomornya tidak tersimpan di kartu GSM-nya.

“Tadi lagi jalan, tiba-tiba ada telepon masuk, tapi nomornya nggak tersimpan,” kata Yunif kepada Analisadaily.com, Sabtu (25/3).

Saat diangkat, orang yang menelepon tersebut langsung menanyakan kabar kepadanya. Namun karena bingung, Yunif menanyakan nama peneleponnyanya.

“Ini siapa, lalu dijawabnya, jawablah,” ucapnya.

“Kemudian saya bilang Reza ya, anak saya, dia bilang ia, tapi suaranya lain, kemudian dimatikannya teleponnya,” lanjutnya.

Penasaran, pensiunan pegawai swasta tersebut kembali menghubungi, dan diangkat. Anehnya, pria yang menelepon tadi menyebut kata “abang”.

“Di sini saya mulai curiga, kalau itu anak saya, kenapa manggil abang. Saya ladeni saja, dibilangnya dia ada menemukan dompet isinya Rp 4 juta, saya bilang ambil saja untukmu,” terangnya.

“Terus dibilangnya, saat menemukan dompet tersebut, ada orang lain yang melihatnya. Nah, dia bilang agar saya transfer duit ke nomornya, kemudian nanti saya disuruh ambil duit itu, kalau nggak salah dibilangnya di salah satu SPBU,” terang Yunif.

Karena sering mendengar kabar tentang penipuan melalui telepon, Yunif langsung merasa hal itu adalah suatu penipuan. Hingga akhirnya penelepon yang tidak diketahui namanya mematikan teleponnya.

“Saya bolak balik aja cakapnya, saya bilang, kalau mau nipu jangan orang tua, durhaka nanti kau, terus dimatikannya teleponnya, nomornya 081260900760,” ungkapnya.

Sumber: Analisadaily

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here