Batamxinwen, Jakarta – Mewabahnya virus corona atau COVID-19 di Singapura menjadi perhatian sejumlah negara. Hingga Rabu (12/2), sebanyak 47 orang di Singapura terdata terjangkit virus corona.

Kondisi penyebaran virus corona membuat pemerintah Korea Selatan dan Israel mengimbau warganya menunda lawatan ke Singapura.

Langkah Korsel dan Israel itu belum diikuti pemerintah Indonesia. Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan imbauan yang disampaikan pihaknya masih sama, WNI yang akan ke Singapura meningkatkan kewaspadaan.

“Lihat aplikasi Safe Travel Kemlu, sudah ada di situ,” kata Retno kepada kumparan, Rabu (12/2).

Dalam aplikasi Safe Travel, Kemlu menyatakan status tingkat kewaspadaan perjalanan ke Singapura ditingkatkan menjadi kuning. Artinya, WNI yang akan atau sedang mengunjungi Singapura diminta mewaspadai dan melakukan pencegahan virus corona.

Pencegahan antara lain dengan menjaga stamina fisik dan psikis; menjaga kebersihan diri dan lingkungan; rutin mencuci tangan; menggunakan masker; mengurangi aktivitas di luar rumah; serta menghindari interaksi dengan keramaian publik.

“Apabila mengalami permasalahan darurat saat berada di Singapura, Anda dapat menghubungi hotline KBRI Singapura di nomor +65 92953964,” tulis Kemlu di aplikasi Safe Travel.

“Dalam kondisi darurat, anda juga dapat menggunakan Tombol Darurat aplikasi Safe Travel Kementerian Luar Negeri untuk menghubungi Perwakilan RI dimaksud,” lanjutnya.

KBRI Singapura

✔@kbrisingapura

PENGUMUMAN
Tidak ada larangan bagi WNI untuk bepergian ke Singapura. Kami harap seluruh WNI untuk terus memperhatikan imbauan yang telah disampaikan untuk meminimalisir penyebaran virus#IniDiplomasi #NegaraMelindungi

Sebelumnya, media Korea Times melaporkan, pemerintah Korsel mengimbau dengan keras warganya untuk tak mengunjungi beberapa negara lain di samping Singapura. Hal ini terkait dengan penyebaran virus corona.

Negara tersebut adalah China, Malaysia, Thailand, Vietnam, Jepang, dan Taiwan.

Sedangkan, Israel mengimbau warganya meninjau rencana kunjungan ke Singapura, Korsel, Jepang, Taiwan, Makau, dan Hong Kong.(*)

Sumber: kumparan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here