Batanxinwen, Batam – Pemerintah terus mengingatkan masyarakat untuk tidak abai menjalankan protokol kesehatan. Tujuannya tentu tidak lain adalah mencegah penyebaran Covid-19 agar tidak semakin meluas.

Hal itu disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Batam saat melaunching gerakan 5 juta masker. Pihaknya berharap kegiatan ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menggunakan masker.

“Masker salah satu cara untuk melindungi kita dan orang lain agar tidak tertular Covid-19,” kata Tito di Hotel Radisson Batam Center, Selasa (10/11).

Kepada Pemda pihaknya mengaku juga sudah memperingatkan seluruh Gubernur, Bupati dan Wali Kota agar fokus terhadap dua hal. Pertama adalah penananganan Covid-19 dan mensukseskan pilkada serentak yang sehat.

“Seperti Pak Bahtiar (Penjabat sementara Gubernur Kepri), saat dilantik saya minta fokus di dua program itu,” katanya.

Pandemi Covid-19 menurut dia memberikan dampak multidimensi, tidak hanya pada kesehatan tetapi berimbas kepada masalah sosial dan ekonomi yang merubah seluruh pola tatanan kehidupan.

Masalah sosial dimana merubah pola demand dan supply yang kemudian mempengaruhi sistem produksi dan berdampak pada ekonomi. Hal itu juga berpengaruh pada sistem keuangan negara, sehingga daerah yang tadinya mengandalkan transfer pusat menjadi semakin tertekan.

“Ada masalah kesehatan, ada masalah kemanusiaan meninggalnya orang, berimbas ke masalah ekonomi karena adanya pembatasan atau rasa ketakutan masyarakat” katanya.

Kemudian ke masalah sosial karena merubah pola demand dan supply, merubah pola permintaan barang merubah pola supply nya juga, otomatis produksi juga menjadi terdampak, ini menimbulkan problem masalah ekonomi dan keuangan.

Oleh sebab itu, Pilkada serentak menjadi momentum yang baik untuk memilih kepala daerah yang berkapasitas menangani Covid-19 serta mendorong sinergitas pusat dan daerah secara serius menangani pandemi ini.

“Kita melihat Pilkada ini menjadi penting. Jadi di balik, bukannya protokol Covid-19 untuk menjagain Pilkada supaya tidak menular, dibalik mindset kita, penanganan pandemi ini memanfaatkan momentum Pilkada untuk bisa memberikan kontribusi agar semua serius pusat dan daerah,” katanya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri langsung oleh Pjs Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum dan seluruh kepala daerah di Kepri. Sementara Sekda Kota Batam, Jefridin bersama Forkompinda Kota Batam menyaksikan melalui video conference di Kantor Wali Kota Batam, selanjutnya dilakukan serentak penyerahan masker untuk perwakilan Tim Penggerak PKK, anggota pramuka, pengurus karang taruna, TNI dan Polri.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here