Batamxinwen, Praha – Timnas Inggris harus menelan kekalahan 1-2 dari Republik Ceko. Hasil ini menjadi kekalahan pertama The Three Lions di babak kualifikasi dalam 10 tahun terakhir.

Pada pertandingan Kualifikasi Piala Eropa 2020 yang berlangsung di Stadion Sinobo, Praha, Sabtu (12/10/2019) dini hari WIB, Inggris unggul lebih dahulu lewat eksekusi tendangan penalti Harry Kane di menit ke-5.

Republik Ceko membalas ketertinggalan via gol Jakub Brabec di menit ke-9. Tim tuan rumah bahkan berbalik unggul lima menit menjelang waktu normal habis lewat sepakan gol Zdenek Ondrasek.

Kekalahan ini mengakhiri catatan 43 partai tak terkalahkan Inggris di babak Kualifikasi Piala Eropa dan Piala Dunia. Terakhir kali Inggris tumbang di babak kualifikasi adalah saat takluk 0-1 dari Ukraina pada 10 Oktober 2009.

Dalam 43 pertandingan tersebut, Inggris mencatat 34 kemenangan dan sembilan hasil imbang. Demikian seperti dilansir Opta.

Southgate: Performa Inggris Tidak Bagus

Seusai pertandingan, manajer timnas Inggris Gareth Southgate mengakui jika timnya tidak tampil cukup baik. Raheem Sterling dkk disebutnya banyak kehilangan bola di lapangan.

“Performa kami tidak begitu bagus, sesederhana itu. Gol-gol yang tercipta adalah kesempatan yang berawal dari kesalahan pemain kami,” ujar Southgate dikutip dari BBC.

“Kami banyak melewatkan beberapa kesempatan dan malah memberikan banyak peluang kepada lawan. Kami tahu jika laga vs Republik Ceko akan berjalan alot, seharusnya kami lebih kuat untuk menghadapinya,” kata manajer berusia 49 tahun itu

Dengan kekalahan ini, Inggris harus menunda kelolosan ke putaran final Piala Eropa 2020. Meski masih memimpin klasemen Grup A dengan 12 poin, Inggris ditempel ketat Republik Ceko yang punya jumlah poin sama.(*)

Sumber: detik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here