Ini Daftar Perusahaan yang Baikot Iklan di Facebook, Sahamnya pun Anjlok

facebook
Ilustrasi Facebook

Batamxinwen – Gerakan boikot iklan dari Facebook terus meluas. Nama-nama perusahaan besar dunia yang ikut gerakan ini terus bertambah dari waktu ke waktu. Beberapa hari lalu, CEO Facebook, Mark Zuckerberg, juga mengatakan tidak khawatir dengan baikot tersebut.
Isu pembaikotan iklan di Facebook muncul ketika banyak pengiklan merasa tidak nyaman dengan konten negatif yang banyak tersedia di platform itu.

Kabar terbaru, Lego dan Starbucks memutuskan untuk ikut boikot iklan dari Facebook. Alasannya? Sama dengan banyak perusahaan lain, Lego dan Starbucks juga menganggap Facebook tidak serius mengatasi konten negatif di platform-nya, terutama ujaran kebencian.

Viral, Turis Wanita ini Jadi Tontonan Saat Berjemur di Pantai

Dikutip dari Kumparan, hingga berita ini ditayangkan, ada lebih dari 400 perusahaan yang bergabung dalam ‘Stop Hate for Profit’, sebuah gerakan boikot iklan di Facebook akibat konten-konten ujaran kebencian dalam platform tersebut.

Beberapa perusahaan besar yang bergabung dalam gerakan ini antarnya ialah Adidas, Starbucks, Coca Cola, Lego, Unilever, Ford, Honda, JanSport, Levi’s, Mozilla, Puma, Sesame Street, Vans, Verizon, Rakuten, Hershey, The North Face, Dove, Procter & Gamble (P&G)

Munculnya gelombang untuk melakukan pemberhentian iklan di Facebook menyusul surat terbuka organisasi nirlaba Liga Anti-Fitnah (Anti-Defamation League/ADL) pada 17 Juni 2020, yang meminta perusahaan-perusahaan besar berhenti berbisnis dengan Facebook karena media sosial itu telah jadi ladang kebencian dan hoaks.

Gara-gara hal ini, saham Facebook turun 8,3 persen dan terkoreksi hingga 58 miliar dolar AS dalam perdagangan bursa pada Jumat (26/6), sekaligus menandai kerugian terbesar dalam tiga bulan terakhir.

Intip Payudara Pelanggan, Pegawai Starbucks Indonesia Dipecat

Kekayaan pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, juga menurun sebesar 7,21 miliar dolar AS atau sekitar Rp 103,5 triliun dalam sehari. Hal tersebut membuat Zuckerberg turun ke posisi empat dalam daftar orang terkaya di dunia, di bawah bos Louis Vuitton Bernard Arnault, pendiri Microsoft Bill Gates, dan CEO Amazon Jeff Bezos. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here