Foto: iStock

Batamxinwen, Jakarta – Minuman teh memiliki beragam varian dan dapat dinikmati dengan berbagai cara. Bagi pencinta teh, Anda perlu mengetahui kalori dari tiap jenis teh favorit.

Teh merupakan minuman yang terbuat dari daun, batang, dan pucuk daun teh yang telah melalui proses pengeringan. Untuk menikmati secangkir teh tersebut Anda harus menyeduhnya bersama air panas. Bisa juga ditambahkan gula jika Anda menyukai rasa yang manis.

Teh saat ini memiliki variasi yang lebih banyak dan populer di kalangan para pencinta minuman manis. Seperti kreasi es teh manis, milk tea, dan juga Thai tea. Saat menikmatinya, Anda pun harus mengetahui berapa banyak kalori yang terkandung di dalamnya.

Dirangkum dari Health Line (09/12), berikut adalah kalori yang terkandung dalam beberapa jenis teh populer.

  1. Teh hijau, hitam, putih, dan oolong

Saat menikmati secangkir teh hijau, hitam, dan oolong, paling enak dalam keadaan hangat. Jenis teh ini dipercaya dengan khasiatnya dalam kesehatan tubuh. Teh hijau merupakah teh yang tidak mengalami proses fermentasi, sementara teh oolong dan hitam merupakan teh yang difermentasi. Sedangkan untuk teh putih hanya mengalami sedikit fermentasi.

Mengonsumsinya hanya dengan diseduh bersama air panas, kalori yang terkandung pada teh tersebut hanya 2-3 kalori per 240 g teh atau 240 ml gelas. Kalori tersebut sangat sedikit dan sangat baik untuk dikonsumsi walaupun dalam jumlah yang banyak.

Jika Anda tetap ingin mengonsumsinya dalam keadaan yang hangat dan manis, Anda bisa menambahkan gula atau madu. Namun tentunya jumlah kalori tersebut akan bertambah sebanyak 16 kalori jika menambahkan 1 sdt gula. Dan 21 kalori jika ditambahkan 1sdt madu.

  1. Teh Herbal

Teh herbal adalah teh yang terbuat dari seduhan buah kering, daun, bunga, dan kuncup tanaman lain selain teh. Teh herbal yang terkenal ini biasanya menggunakan bunga seperti chamomile, hibiscus, rosella, dan lainnya. Jenis teh yang menggunakan bunga ini dikenal sebagai tisane.

Teh ini biasanya dinikmati dengan seduhan air panas, dan memiliki aroma serta warna yang menarik. Namun seperti minuman teh tradisional biasanya, teh herbal ini juga tidak memiliki banyak kalori. Yang akhirnya teh ini bisa berdampak baik pada tubuh.

Dalam jenis teh hibiskus (kembang sepatu) memiliki kalori sebanyak 37 per 100 gram. Lalu teh rosella sebanyak 49 kalori per 100 gram, dan teh chamomile memiliki kalori paling sedikit yaitu 2 kalori per 226 gram. Namun kalori akan bertambah jika Anda menambahkan pemanis saat menikmati teh tersebut. Seperti menambahkan gula dan madu.

  1. Milk Tea

Milk tea adalah minuman khas Taiwan yang sekarang sudah terkenal di banyak negara. Teh yang terbuat dari konsistensi 1:1 teh dan susu ini memiliki rasa manis nikmat dan juga cita rasa creamy dari susu. Pemanis yang dipakai dalam segelas milk tea ini biasanya gula atau madu, namun beberapa resep juga menambahkan garam atau kayu manis.

Biasanya milk tea ini menggunakan teh hitam sebagai bahan dasarnya, namun Anda pun bisa menggunakan jenis teh lainnya. Dalam segelas milk tea, kalori yang terkandung di dalamnya tergantung pada tambahan susu dan pemanis yang digunakan.

Misalnya dalam segelas teh berukuran 240ml, Anda menambahkan 120ml susu murni itu akan mengandung 75 kalori. Namun 75 kalori itu belum ditambahkan dengan gula atau madu. Untuk mengurangi kalori tersebut, Anda bisa menggunakan susu skim yang hanya menghasilkan 43 kalori.

  1. Thai Tea

Seperti namanya, Thai Tea berasal dari negara Thailand yang sangat terkenal dengan gajah putihnya. Thai tea ini juga sangat populer di beberapa negara, karena rasa manis yang khas dan nikmat. Thai Tea ini juga memiliki warna yang unik yaitu oranye.

Pembuatan segelas Thai Tea ini menggunakan teh hitam asli Thailand lalu ditambahkan gula dan campuran susu kental manis. Segelas Thai Tea ini juga ditambahkan susu murni agar mendapatkan cita rasa yang creamy.

Segelah Thai Tea yang memiliki campuran gula, susu kental manis, dan susu murni ini memiliki kalori yang sangat banyak. Kalori yang terkandung pada segelas Thai Tea segar ini adalah 160 kalori dalam 240 ml. Namun ini tergantung Anda, ingin tetap mengonsumsinya atau menguranginya.

  1. Es Teh Manis

Es teh manis adalah variasi dari minuman teh biasa yang dicampurkan dengan es batu dan pemanis seperti gula dan madu. Variasi teh ini juga biasanya ditambahkan buah-buahan segar seperti lemon, buah persik, leci, dan juga daun mint.

Jika di Indonesia, variasi es teh manis ini sangat digemari dan seringkali jadi minuman pendamping setiap makanan. Karena rasanya yang segar dan tentunya manis, sangat enak untuk dinikmati setelah makan. Rasanya yang nikmat, tentunya memiliki kalori.

Kalori yang terkandung dalam segelas es teh manis ini tergantung pada pemakaian gula seberapa banyak. Jika Anda menambahkan gula hanya 1 sdt per gelasnya, es teh manis Anda memiliki 16 kalori. Yang perlu Anda ingat adalah setiap 1sdt gula terdapat 16 kalori. Untuk contoh lain, jika Anda senang mengonsumsi es teh manis dengan rasa lemon itu mengandung setidaknya 140 kalori per gelasnya.(*)

Sumber: detik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here