Ini Khasiat Bawang Merah bagi Penderita Diabetes

Batamxinwen, Jakarta – Mengontrol kadar gula darah serta menjaga pola makan sehari-hari wajib dilakukan oleh para pengidap diabetes.

Salah satu cara yang disarankan oleh American Diabetes Association adalah mengonsumsi sayuran yang tak mengandung pati, karena kadar kalori dan karbohidratnya cenderung rendah.

Nah, ternyata, mengonsumsi bawang merah juga bisa membantu menstabilkan kadar gula darah, lho. Sebuah studi di tahun 2014 yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrition mengindikasikan, bawang merah bisa memberikan dampak hypoglycemic bagi penderita diabetes.

Peneliti tersebut mencatat, hal ini disebabkan karena adanya komponen sulfur pada bawang merah bernama S-methylcysteine dan flavonoid quercetin. Kedua senyawa tersebut bisa memberikan manfaat pada kadar gula darah.

Penelitian lain dalam The Journal Phytopherapy Research menemukan, responden dengan memiliki sindrom metabolik dan berisiko diabetes yang mengonsumsi rutin suplemen quercetin dengan dosis 500 mg selama delapan minggu, kadar gula darahnya menurun.

Tak hanya bermanfaat untuk penderita diabetes, bawang merah juga diklaim sangat baik disantap saat musim panas.

Kaya akan komponen quercetin, yang mengandung antihistamin. Hal ini bisa membantu menghentikan pelepasan alergen histamin dari sel tubuh. Sehingga, bisa mencegah timbulnya ruam pada kulit yang disebabkan oleh panas.

Tak hanya bermanfaat untuk diabetes, komponen pada bawang tersebut juga bisa mencegah alergi dan melawan inflamasi pada tubuh.(*)

Sumber: kumparan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here