Investor Asing dan Dalam Negeri ‘Berebut’ Kelola Waduk Tembesi

Waduk Tembesi. BX/Istimewa

BatamXinwen, Batam – Badan Pengusahaan (BP) sedang mempersiapkan proses lelang untuk pengelolaan Waduk Tembesi agar bisa segera digunakan dan dimanfaatkan masyarakat.

Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Lainnya BP Batam, Eko Budi Soepriyanto, Minggu (4/3), mengatakan ada 15 perusahaan yang tertarik untuk mengelola waduk tersebut.

“Ada investor dari dalam dan luar negeri tertarik untuk mengelola Waduk Tembesi,” katanya sebagaimana dilansir Antara.

Eko menambahkan rata-rata perusahaan-perusahaan luar negeri yang sudah sangat berpangalaman dan setiap perusahaan yang ikut lelang wajib mempresentasikan program yang ditawarkan kepada BP Batam.

Menurut Eko hanya ada satu perusahaan terbaik yang berhak mengelola Dam Tembesi yang tidak jauh dari jembatan Barelang tersebut.

Dia berharap semua perusahaan bisa mempresentasikan programnya dengan baik dan berkualitas, baik dari segi pengalaman ataupun finansial.

“Sekarang akan dilakukan lelang terbuka hanya waduk Dam Tembesi, sisanya menuggu konsesi dengan PT Adhya Tirta Batam (ATB) selesai pada 2020 mendatang,” kata Eko.

BP Batam kata Eko hanya menawarkan satu waduk kepada investor dan ke depan pihaknya akan menerapkan aturan baru, yaitu produksi dan distribusi tidak dikelola satu perusahaan.

Hal itu kata Eko, mengacu kepada undang-undang dan perusahaan yang terpilih harus memiliki komitmen dan program yang baik untuk pembangunan Batam.

“Pasalnya air merupakan bagian yang sangat penting dan harus dikelola dengan serius, baik terhadap penggolaan produksinya ataupun distribusinya,” kata dia.

Dam Tembesi katanya bendungan keenam yang dibangun BP Batam dengan cara membendung laut, sehingga pihaknya membutuhkan waktu untuk menghilangkan kadar garam dalam air yang dapat dikonsumsi.

Kapasitas dam Tembesi diperkirakan mencapai 600 liter per detik. Dengan beroperasinya dam Tembesi, seluruh dam di Batam mampu memproduksi sekitar 3.435 liter air bersih per detik untuk menyuplai kebutuhan masyarakat.(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here