Masyarakat peserta BPJS Kesehatan mengantre untuk membayar premi di BPJS Kesehatan cabang Batam. Foto : Bintang/ BX

Batamxinwen, Batam – Iuran program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan resmi naik sebesar 100 persen per 1 Januari 2020 mendatang.

Adapun besaran tarif yang telah diresmikan jika dihitung pembayaran perharinya yakni untuk kelas I bekisar Rp 5.333 perhari, kelas II Rp 3.667 perhari dan kelas III Rp 1.400 perhari.

Dan bagi peserta mandiri yang masih tidak sanggup membayar iuran dalam setiap kelas tersebut, BPJS Kesehatan menawarkan solusi lain agar kesehatan masyarakat tetap terjamin.

Caranya yaitu dengan mendaftarkan diri menjadi Peserta Bantuan Iuran (PBI). Dimana nantinya iuran untuk kelas III akan secara otomatis dibayarkan oleh Pemerintah.

“Jika menyisihkan uang Rp 2000 sehari juga tidak bisa, masyarakat bisa mengurus surat keterangan miskin. Ajukan diri sebagai PBI. Iuran akan dibayarkan pemerintah,” jelas Kepala Bidang Kepersertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan cabang Batam, Meucensia Septrina, Kamis (12/12).

Terang Meucensia, melalui program PBI pemerintah menjamin masyarakat miskin mendapatkan layanan kesehatan. Dimana Pemerintah daerah membantu lewat program penduduk yang didaftarkan.

Penyesuain iuran ini pun kata Meucensia sangat dibutuhkan demi kebelangsungan program JKN-KIS, termasuk perbaikan fasilitas layanan kesehatan kedepan.

Selain itu kebijakan ini dilakukan guna penyesuaian tarif peserta bukan Penerima upah (PBPU) atau peserta mandiri berdasarkan defisit yang membesar sehingga mengganggu pelayanan kesehatan.

“Berdasarkan peraturannya dimana iuran BPJS sendiri harus disesuaikan setiap 2 tahun, dan karena sejak tahun 2014 besaran iuran kita belum sesuai kaidah aktuaria,” terangnya.

Lanjutnya, dengan kenaikan Iuran ini diharapkan dapat meningkatkan, pembayaran klaim tepat waktu kepada penyedia layanan, cash flow faskes terjaga, kewajiban pembayaran nakes dan dan supplier terpenuhi, meningkatkan investasi faskes (seperti ruang rawat, peralatan), terjadi peningkatan kompetensi tenaga kesehatan, standar layanan terpenuhi, ruang rawat tersedia dan pelayanan kesehatan lainnya. (Bintang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here