BatamXinwen, Tanjungpinang – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 2018, Kementrian dan Perdagangan melakukan pemantauan pasokan dan harga kebutuhan pokok di Tanjungpinang. 

Pemantauan tersebt, dilakukan Kepala Badan Pengkajian dan Perkembangan Perdagangan (BP3) bersama Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kepri yagn dilakukan di Pasar Baru Tanjungpinang, pasar Bintan center (Bincen) dan Gudang distributor, Selasa (12/6).

Kepala BP3, Kasan mengatakan pemantauan harga pasar terbilang sengaja dilakukan untuk memastikan pasokan mencukupi dan perkembangan harga barang kebutuhan pokok stabil.

Dari hasil pemantauan, secara umum harga pasaran stabil mulai dari harga daging ayam, telur ayam, daging sapi dan sayuran.

Ia pun mengimbau agar masyarakat jangan khawatir karena stok dan harga pokok hingga lebaran nantinya. akan stabil dan masyarakat juga agar tidak berlebihan dalam berbelanja.

“Berbelanjalah sesuai kebutuhan, bukan dengan keinginan. Karena biasanya yang menyebabkan harga melonjak disebabkan belanja secara berlebihan,” Jelas Kasan.

Kasan juga mengingatkan kepada distributor dan pedagang pengecer untuk tidak menjual melebihi het dan mengajak pedagang dan distributor untuk menjaga harga daging dan beras tetap stabil.

“Secara umum stok daging dan beras mencukupi untuk kebutuhan lebaran dan harga Bahan pokokrelatif stabil” tutupnya.

Sementara itu, harga bahan kebutuhan pokok hingga Selasa (12/6) dipastikan sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditetapkan;

– Beras premium Rp10 – 13 ribu/kg,
– Beras medium Rp9.500/kg,
– beras Bulog Rp9.700/kg,
– Gula pasir Rp12 ribu/kg, 
– Minyak Goreng curah Rp11 ribu/kg,
– Daging Sapi Rp155 ribu /kg,
– Daging sapi beku Rp88 ribu/kg,
– Daging kerbau beku Rp.80 ribu/kg,
– Daging ayam Rp37 ribu/kg
– Telur ayam Rp24 ribu/ kg.
– Cabai keriting Rp48 ribu/kg,
– Cabai rawit merah Rp65 ribu/kg,
– Cabai rawit ijo Rp32 ribu/kg,
– Bawang merah Rp32 ribu/kg
– Bawang putih Rp28 ribu/ kg. (Yli)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here