Kebutuhan sembako di Batam jelang Nataru cukup. Foto : Bintang/ BX

Batamxinwen, Batam – Jelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, pasokan pangan pokok di Kota Batam relatif terkendali dan diprediksi mencukupi kebutuhan hingga satu bulan mendatang.

Hal tersebut terungkap saat Tim Satgas Pangan Kota Batam yang terdiri dari Ditreskrimsus Polda Kepri, Disprindag, Bulog dan Karantina melakukan sidak di empat titik gudang dan pasar.

“Hari ini kami melakukan sidak ke empat titik, diantaranya Avava, Tos 3000, distributor daging dan distributor buah,” kata Kasubdit I Ditreskrimsus Polda Kepri, AKBP Ponco Indrio usai melakukan sidak, Senin (23/12/2019).

Dia jelaskan, kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya penimbunan bahan kebutuhan pokok, sekaligus mengendalikan stabilitas harga menjelang Natal dan Tahun Baru.

Kata Ponco hasil pemantauan di lapangan saat ini, harga-harga sembako relatif terkendali dan aman hingga 1 bulan kedepan. Namun, khusus untuk harga cabai sedikit mengalami kenaikan dikarenakan terkendala harga transportasi.

Dimana harga cabai hijau dan merah Medan yang sebelumnya per 1 kg seharga Rp 45 ribu, saat ini naik menjadi Rp 55 ribu.

“Sedangkan untuk sayur bayam juga mengalami kenaikan. Sebelumnya Rp 12 ribu dan saat ini Rp 25 ribu. Kenaikan ini dikarenakan faktor cuaca yang buruk,” ujarnya.

Dijelaskannya, untuk harga sembako lainnya tidak mengalami kenaikan yang signifikan. Untuk gula Rp 11 ribu per kg, telur Rp 46 ribu per papan dan ayam Rp 30 ribu per kg.

“Sejauh ini stok bahan pokok menjelang Natal dan Tahun baru aman. Apabila ditemukan pelanggaran, maka akan langsung kami mengambil tindak,” tegasnya. (Bintang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here