presiden-jokowi
Presiden Joko Widodo (net)

Batamxinwen, Jakarta – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, Pemerintah Pusat belum berencana untuk menerapkan karantina wilayah (lockdown) untuk mencegah penyebaran virus covid-19 yang merebak di beberapa daerah Indonesia.

Jokowi menekankan, kebijakan karantina wilayah adalah ranah pemerintah pusat.

“Kebijakan lockdown, baik di tingkat nasional maupun di tingkat daerah, misalnya, adalah kebijakan pemerintah pusat. Dan kita belum berpikiran ke arah itu,” ujar Jokowi melalui unggahan di akun Twitternya @Jokowi, Senin (16/3).

Menurut Kepala Negara, tindakan yang perlu diterapkan masyarakat Indonesia saat ini adalah pembatasan sosial atau social distancing.

“Yang perlu dilakukan adalah social distancing, yaitu mengurangi mobilitas orang, menjaga jarak, dan mengurangi kerumuman,” unggahnya.

Jokowi juga menyatakan, untuk mengatasi wabah virus covid-19 yang ditetapkan WHO sebagai pandemi, pemerintah pusat dan pemerintah daerah tidak boleh gegabah dalam mengambil kebijakan yang mempengaruhi hajat hidup khalayak ramai, sehingga tidak memperburuk keadaan.

“Semua kebijakan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, akan dan harus ditelaah secara mendalam agar efektif menyelesaikan masalah dan tidak semakin memperburuk keadaan,” pungkasnya. (Ependi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here