Komjen Listyo Sigit Prabowo/BX/Ist

Batamxinwen, Jakarta – Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo resmi diusulkan Presiden Joko Widodo sebagai Calon Kapolri.

Jenderal kelahiran Kota Ambon, Provinsi Maluku berusia 51 tahun ini dipilih untuk menggantikan Jenderal Idham Azis yang akan pensiun.

Kepastian pemilihan ini berdasarkan Surat Presiden (Surpres) tentang Calon Kapolri yang sudah dikirimkan ke DPR. Surat tersebut diantar Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

“Presiden mengajukan calon tunggal Bapak Listyo Sigit Prabowo,” ujar Ketua DPR Puan Maharani, Rabu (13/1/2021).

Komjen Listyo Sigit Prabowo saat ini menjabat sebagai Kabareskrim sesuai Surat Telegram Kapolri tertanggal 6 Desember 2019. Sebelumnya dia menjabat Kepala Divisi Profesi Pengamanan (Kadiv Propam) Polri.

Listyo merupakan lulusan Akdemi Kepolisian (Akpol) 1991, yang paling muda dari lima nama calon Kapolri yang diajukan Kompolnas. Kariernya di Korps Bhayangkara terbilang cemerlang. Diawali sebagai Kabag Dalpers Ropers Polda Metro Jaya lanjut menjadi Kapolres Pati, Jawa Tengah pada 2009.

Selain itu dia juga pernah menjadi Kapolres Sukoharjo pada 2010 dan Wakapoltabes Semarang. Setahun kemudian dia diangkat menjadi Kapolresta Surakarta pada 2011.

Sejumlah jabatan tinggi juga pernah diembannya, mulai dari Kasubdit II Dittipidum Bareskrim Polri pada 2012, Direskrimum Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) pada 2013 hingga dipercaya menjadi ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2014.

Sumber: Inews.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here