Pelabuhan Ferry Domestik Sekupang. Foto: BX

Batamxinwen, Batam – Jumlah pengguna jasa transportasi laut dan jumlah kunjungan melalui Pelabuhan Domestik Sekupang, Batam, terus menurun seiring meluasnya penyebaran Covid-19 beberapa waktu terakhir.

Menurut Kepala Pengelola Pelabuhan Domestik Sekupang, Sohirnadi, menurunnya jumlah pengguna jasa transportasi laut dan kunjungan tersebut disejalankan dengan pengurangan jumlah pelayaran. “Agen pelayaran yang biasanya berlayar 3 hingga 4 trip, kini hanya satu trip saja karena minimnya penumpang,” kata Sohirnadi, Jumat, 25 September 2020.

Penurunan jumlah pengguna jasa tranportasi laut di Pelabuhan Domestik Sekupang berimbas pada pendapatan perusahan penyedia jasa pelayaran. Manager Operasional Batam Jet, Jefri, mengatakan, pendapatan perusahaanya kian merosot sejak Covid-19 mulai merebak. “Bahkan, sejak pelayaran tujuan Dumai ditutup hingga mulai dibuka kembali, jumlah penumpang belum juga menunjukkan peningkatan,” katanya.

Walau pelayaran berjalan normal, hari ini terjadi penurunan jumlah trip pelayaran. Petugas Sandar Kapal Pelabuhan Domestik Sekupang, Boby, menyebutkan, pada hari-hari sebelumnya, jumlah kapal yang berlayar mencapai 30 kapal.

“Hari ini ada penurunan, hanya 15 kapal yang diajukan agen yang telah teregister dijadwal keberangkatan,” ujarnya. Dari 15 kapal yang dijadwalkan itu, 9 kapal berlayar dengan tujuan Tanjung Balai, Karimun. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here