Kalah dari Singapura di Piala AFF 2018, Ini Pengakuan Pelatih Indonesia Bima Sakti

Hasil pertandingan Singapura v Indonesia dalam Piala AFF 2018 di Stadion Nasional Singapura, Jumat (9/11/2018)

BatamXinwen, Singapura – Babak penyisihan grup B antara Indonesia melawan Singapura berlangsung di Stadion Nasional Singapura, Jumat (9/11/2018) malam. Sayangnya laga perdana bagi Indonesia ini belum membuahkan hasil yang baik.

Timnas Indonesia kalah 0-1 dari Singapura meski pada babak pertama mampu mendominasi permainan. Gol semata wayang yang tercipta pada pertandingan itu dicetak oleh Harris Harus pada menit ke-37.

Kekecewaan terhadap hasil itu banyak disampaikan oleh pendukung Indonesia melalui akun media sosial mereka. Bahkan tidak sedikit pula yang membandingkan kinerja tim U-16 yang baru saja usai melakoni laga beberapa waktu lalu.

Menanggapi kekalahan dari Singapura itu, pelatihan Timnas Indonesia, Bima Sakti, mengaku bertanggung jawab penuh atas hasil tersebut. Menurut dia, ada beberapa faktor penyebab anak asuhnya tidak bisa membuahkan hasil yang baik pada laga perdananya.

Menurut Bima, mental anak asuhnya belum bagus sehingga ia pun merasa perlu untuk memperhatikan mental bermain mereka.

“Pertandingan pertama biasanya tekanan sangat berat dan harus siap mental. Pemain yang bermain baik biasanya mereka yang bisa menyiapkan mentalnya dengan baik juga. Tapi, tadi, ada beberapa pemain yang emosional, tidak terkontrol. Ini tanggung jawab saya,” kata Bima dalam konfrensi pers usai laga sebagaimana dikutip dari Liputan6.com.

Buat Bima, faktor mental cukup penting. Ia ingin pemainnya bisa mengontrol emosinya. “Pemain harus fokus pada pertandingan dan tidak merugikan tim. Pelanggaran yang terjadi, pastinya bisa merugikan kami,” ujarnya.

Usai laga tersebut, Timnas Indonesia akan melakoni laga kedua melawan Timur Leste di Stadion Glora Bung Karno pada Selasa (13/11/2018). Indonesia dituntut harus bisa menang dalam laga tesebut untuk mendapatkan poin mengurangi jarak ketertinggalan dengan anggota grup lainnya.

Menghadapi laga itu, Bima Sakti mengaku akan bekerja keras untuk bisa meraih poin penuh demi menjaga asa ke babak semi final.

“Kami harus bekerja lebih keras dan menang melawan Timor Leste,” ucapnya.[]

Susunan Pemain:

Indonesia (4-5-1): Andritany Ardhiyasa; Putu Gede Juniantara, Ricky Fajrin (Fachrudin Aryanto 64′), Hansamu Yama Pranata, Rizky Pora; Evan Dimas Darmono, Zulfiandi, Irfan Jaya (Riko Simanjuntak 46′), Stefano Lilipaly (Septian David 84′), Febri Hariyadi; Alberto Goncalves.

Singapura (3-6-1): Hassan Abdullah Sunny; Muhammad Shakir Hamzah (Nasrul Nazari 85′), Irfan Fandi Ahmad, Muhammad Safuwan Baharudin; Muhammad Zulqarnaen Suzliman, Muhammad Faris Ramli, Muhammad Tasir Hanapi, Muhammad Izzdin Shafiq Yacob, Harris Harun, Gabriel Quak Yil (Adam Swandi 77′); Ikhsan Fandi Ahmad.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here