Kantor Disduk Capil, Kibarkan Bendera Robek

Bendera Merah Putih berkibar di tiang bender, sayang kondisinya lusuh

Batamxinwen, Tanjungpinang –  Halaman Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bintan terlihat aneh pada Selasa (6/4/2021) . Sebab di sebuah tiang bender nampak bendera Merah Putih di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bintan, berkibar terus menerus. Tak pernah diturunkan.

Akibar bendera merah putih yang terpasang di kantor ini sepertinya tidak pernah diturunkan, menyebabkan kondisi bendera tercabik-cabik. Selain itu warna juga sudah sangat kusam.

Terlihat bendera tersebut terpasang di tiang halaman kantor tersebut. Meskipun berkibar namun kondisinya tak layak alias sudah robek.

Muhammad, seorang warga menyebut jika dirinya sangat sedih melihat kondisi bendera yang terpasang dengan kondisi lusuh.

“Sedih kita lihatnya. Dulu berdarah-darah pejuang kita merebut kemerdekaan, tapi sekarang ada kantor pemerintah yang cuek terhadap bendera,” ungkapnya

Menurut dia, tidak seharusnya bendera tersebut terpasang dengan kondisi seperti itu. Apalagi kondisi bendera terpasang di kantor dinas.

“Ini kantor dinas. Rasanya disini tempat orang-orang terdidik, tapi mengapa dibiarkan seperti ini,” tegasnya

Diketahui, untuk informasi pengibaran bendera telah diatur dalam UU Nomor 24 Tahun 2009. Ada beberapa larangan terhadap pengibaran bendera, seperti yang tertuang dalam pasal 24 huruf C yang berbunyi dimana setiap orang dilarang mengibarkan Bendera Negara yang rusak, robek, luntur, kusut, atau kusam.

Dalam UU tersebut juga telah dicantumkan sanksi. Seperti yang berbunyi dalam pasal 67 huruf (b) pipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau denda paling banyak Rp100.000.000,00 (seratus juta rupiah).(M.Holul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here