Kapal Tongkang Raksasa Terbalik di Perairan Tanjung Kasam

Kondisi tongkang raksasa yang terbalik di Perairan Tanjung Kasam

Batamxinwen, Batam – Sebuah kapal tongkang raksasa diketahui terbalik di Perairan Tanjung Kasam, Telaga Punggur, Nongsa, Kota Batam. Kapal terbalik setelah ditarik oleh sebuah kapal tugboat kayu pada Selasa (9/3/2021) sore.

Berdasarkan informasi yang diperoleh awak media dilapangan, kapal tongkang yang belum ketahui namanya ini awalnya membawa puluhan tiang failing, alat berat jenis belkoer, crane dan mesin generator dari Jembatan 1 Barelang.

Selanjutnya, kapal Tongkang tersebut olah gerak ke CLT Batu besar, Nongsa untuk memuat tiang failing sebanyak 48 batang sehingga total muatan sekitar 400 ton.

Namun saat diperjalanan memasuki perairan Tanjung Kasam, kapal tongkang yang ditarik tugboat kayu tersebut oleng hingga Kapal tongkang terbalik.

Akibat insiden kecelakaan transportasi laut tersebut, puluhan tiang failing berserakan di atas laut hingga menutup alur pelayaran.

Menurut sumber yang enggan disebutkan namanya ini mengatakan, kapal yang diageni oleh PT. Putra Jaya Kundur itu dikabarkan hendak berangkat ke Jambi.

Naasnya, tenaga kapal Tagboad jenis kayu itu tidak sebanding untuk menarik kapal tongkang yang muatannya begitu berat dan mengancam stabilitas kapal dari keamanan dan keselamatan pelayaran.

Seharusnya, muatan tersebut harus dilashing dengan benar sesuai aturan yang berlaku.

“Muatan tersebut seharusnya dilashing dengan betul sesuai aturan. Nah sekarang persoalannya, seperti apa pengawasan petugas kepelabuhanan dan kantor Syahbandar Otoritas dan Pelabuhan (KSOP) Batam,” tegasnya kepada awak media, Rabu (10/3/2021).

Beruntung, atas insiden tersebut tidak ada korban jiwa yang ditimbulkan hanya saja mengalami kerugian materil yang diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

Hingga berita ini diunggah, PT. Putra Jaya Kundur selaku agen kapal dan pihak KSOP Batam belum dapat dikonfirmasi guna dimintai keterangan lebih lanjut mengenai permasalahan ini. (shafix)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here