Kapolresta Barelang Pimpin Pengamanan Aksi Demo Buruh

Batamxinwen, Batam – Kapolresta Barelang AKBP Purwadi W. Anggoro langsung memimpin pengamanan aksi unjuk rasa Aliansi Buruh Batam Bergerak Kota Batam. Dalam pelaksanaan pengamanan itu, Polresta Barelang menerjunkan 200 personel dan dibantu 2 SST Dit Samapta Polda Kepri dan 2 SST BKO SatBrimob Polda Kepri .

Kegiatan aksi unjuk rasa mulai digelar pukul 11.30 yang dihadiri peserta unjuk rasa dari Aliansi Buruh Batam Bergerak, yang terdiri atas SPSI, KC.FSPMI, SPPJM, KSBSI, ISPMI, FPBI-KPBI, SBSI, dan beberapa PUK Kota Batam, diperkirakan massa mencapai 1.500 orang. Buruh berorasi di depan Kantor Walikota Batam, mengaspirasikan penolakan Aliansi Buruh menolak RUU Cipta Kerja (klaster ketenagakerjaan) karena bertentangan dengan UU Nomor 12 Tahun 2011, disinyalir muatan materinya tidak mencerminkan pengayoman, kemanusian, keadilan, keseimbangan, keserasihan, dan keselarasan bagi pekerja buruh.

Aliansi Buruh Kota Batam meminta RUU Cipta Kerja khususnya klaster ketenagakerjaan dikeluarkan dari RUU Cipta Kerja (Omnibus Law). Aliansi Buruh juga meminta kepada Walikota Batam, agar tahun 2020 diberlakukan upah minimum sektoral Kota Batam.

Pemerintah Kota Batam menerima aspirasi yang disampaikan aliansi Buruh, dan akan menindaklanjuti tuntutan tersebut ke Pemerintah Pusat. Terkait pemberlakuan upah minimum sektoral, Wali Kota Batam M. Rudi akan mengupayakan dalam waktu 30 (tiga puluh) hari ke depan. Apabila tidak ada kesepakatan, Pemerintah Kota Batam akan mengundang aliansi buruh/pekerja Kota Batam untuk mendiskusikan langkah terbaik berikutnya.

Setelah mencapai kesepahaman antara kedua belah pihak, Aliansi Buruh Batam Bergerak melanjut agenda selanjutnya.

Pukul 13.40, Aliansi Buruh Batam Bergerak kembali melakukan aksi demo ke Kantor DPRD Kota Batam, sekitar 20 menit berorasi, masa langsung ditemui Anggota DPRD Kota Batam dari Komisi IV, Aman dan Muchamat Musstofa, yang meminta massa menyelesaikan masalah dengan musyawarah dan mengundang beberapa perwakilan masuk ke ruang rapat di gedung serbaguna.

Selain Komisi IV DPRD, hadir dalam pertemuan tersebut Anggota Dewan Jefri (Komisi III DPRD Kota Batam, M. Syafi’i (Komisi II DPRD Kota Batam), Kapolresta Barelanf AKBP. Purwadi Anggoro, Asisten I Pemko Batam Yusfa Hendri, Kadis Tenaga Kerja Kota Batam Rudi Sakyarkirti, dan pejabat lainnya; Pertemuan tersebut berakhir pukul 19.05.

Adapun hasil pertemuan adalah pada intinya DPRD Kota Batam mendukung aspirasi Aliansi Buruh Kota Batam, tetapi Ketua DPRD Kota Batam masih berada di luar Kota Batam, sehingga surat dukungan/komitmen terkait belum ditandatangani.

Secara terpisah, Kapolresta Barelang AKBP Purwadi W. Anggoro mengucapkan terima kasih kepada rekan buruh / pekerja yang tergabung dalam Aliansi Buruh Batam Bergerak yang telah sama – sama dapat menjaga ketertiban dan keamanan jalannya aksi unjuk rasa. Dia berharap seluruh ikhtiar semua pihak pada aksi hari ini menjadi amal ibadah masing-masing.

Sumber: Kasubaghumas Polresta Barelang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here