Pelantikan Wakapolri dan Kabareskrim, Jumat (17/08), Foto : Internet

BatamXinwen, Jakarta – Komisaris Jenderal (Komjen) Ari Dono Sukmanto, resmi menjabat Wakapolri, Jumat (17/08) siang tadi. Ia dilantik oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Posisinya di Bareskrim pun diisi Irjen Arief Sulistiyanto.

Upacara pelantikan dan serah terima jabatan (sertijab) digelar di Rupatama, Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pukul 14.00 WIB.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya selaku penjabat Kepolisian Negara Republik Indonesia akan setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila, UUD RI tahun 1945, dan NKRI. Bahwa saya, akan menaati segala peraturan perundang-undangan dan melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan kepada saya dengan penuh pengabdian kesadaran dan tanggung jawab. Bahwa saya akan senantiasa menjunjung tinggi kehormatan negara, pemerintah dan Kepolisian Negara Indonesia serta akan senantiasa mengutamakan bangsa negara daripads kepentingan saya sendiri,” ujar Kapolri membacakan sumpah yang diikuti Komjen Ari Dono dan Irjen Arief.

Setelah dilantik menjadi Wakapolri, Komjen Ari Dono langsung melakukan sertijab kepada Irjen Arief Sulistyanto yang mengisi jabatan Kabareskrim. Sedangkan posisi ASDMP Polri yang ditinggalkan Arief akan ditempati Kepala Biro Pembinaan Karier (Karo Binkar) Staf SDM Brigjen Eko Indra Heri.

Komjen Ari Dono menegaskan akan membantu Kapolri.”Saya sebagai staf tentunya membantu pak Kapolri tentang kebijakan khususnya ke dalam itu saja. Nggak ada yang istimewa,” katanya sebelum pelantikan.

Sementara itu, Irjen Pol Arief Sulistyanto, yang dikonfirmasi membenarkan dirinya akan dilantik oleh Kapolri menjadi Kabareskrim.

“Iya mas, hari ini dilantik. Mohon doanya,”ucap mantan Kapolres Tanjungpinang itu. (jhony/detik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here