BatamXinwen, Karimun – Untuk mendongkrak perekonomian dan meningkatkan ketahanan pangan bagi masyarakat, Pemkab Karimun, Lanal, Tanjungbalai Karimun dan kelompok tani Mandiri Sememal Karimun memanen hasil panen tanaman cabe merah, di daerah Sememal, Kecamatan Meral Barat, Kabupaten Karimun.

Dengan beranggotakan 15 orang, kelompok tani Mandiri Semenal Karimun mampu menghasilkan sekitar 3 ton cabe merah selama satu bulan. Dengan luas lahan seluas kurang lebih setengah hektar dengan jumlah pohon sebanyak 9000 batang pohon.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, mengapresiasi atas apa yang telah dihasilkan kelompok tani Mandiri Sememal Karimun ini.

“Saya sangat mengapresiasi. Dengan mengelola secara mandiri bisa menghasilkan produksi untuk di Karimun sendiri, sementara yang kita tahu untuk pasokan cabe ini kita datangkan dari Sumatra,” kata Rafiq, Rabu (26/9) Sore.

Rafiq juga menambahkan, upaya yang dilakukan kelompok tani ini dinilai bisa memperbaiki perekonomian. Dan pihaknya juga akan terus melakukan pendampingan.

“Meskipun lahan yang ada tidak terlalu luas, setidaknya mereka bisa menambah pemasukan dan bisa memperbaiki perekonomian mereka. Maka dari itu, kita selaku pemerintah Kabupaten Karimun akan melakukan pendampingan baik memberikan penyuluhan ataupum akan membantu jika ada yang kurang,” tambah orang nomor satu di Kabupaten Karimun ini.

Sementara itu, Danlanal Tanjungbalai Karimun Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro melalui Pjs. Paspotmar Letda Laut (P) Hendriyono mengatakan, hal ini merupakan program kerahanan pangan di bidang pertanian.

“Lanal TBK mendukung sepenuhnya program pemerintah untuk menuju ketahanan pangan baik dibidang pertanian, kelautan dan perikanan, sebab ketahanan pangan sangat penting, karena menjadi salahsatu alat pertahanan negara, terutama di wilayah pulau terluar atau wilayah perbatasan,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, Lanal TBK juga bekerja sama dengan kementerian dan pemerintah daerah setempat serta kelompok petani untuk membangun ketahanan pangan terutama di pulau-pulau terluar.

Dalam hal ini, Bupati Karimun, Lanal TBK dan kelompok tani Mandiri Sememal Mandiri melakukan panen cabe perdananya sebagai tanda berhasilkan hasil tanaman yang dilakukan oleh kelompok tani tersebut. (Trie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here