Kapolsek Sagulung, AKP Riyanto, menunjukkan barang bukti yang berhasil disita dari dua tersangka curat, foto : Rega/BX

BatamXinwen, Batam – SA (29) dan RP (37), dua residivis kasus pencurian kembali berurusan dengan Polisi. Mereka ditangkap Jajaran Polsek Sagulung karena mengulangi kesalahan yang sama yakni pencurian dengan pemberatan (curat).

Kapolsek Sagulung, AKP Riyanto mengatakan kedua pelaku ditangkap berdasarkan laporan yang diterima jajarannya dari korbannya. Yang mana dari laporan tersebut ditindaklanjuti dengan penyelidikan.

“TKP nya di showroom sepeda motor bekas dekat SP Plaza mereka mengambil tas milik korban yang sedang lengah. Kemudian di Top 100 Tembesi. Dari dua TKP itu mereka berhasil mengambil satu buah BPKB (TKP SP Plaza), satu buah jam G Shock, Handphone dan batu akik dengan kerugian mencapai Rp 20 juta,” ujar Riyanto, saat ekspose dikantornya, Senin (22/07/2019).

Dikatakan Riyanto, dalam melakukan aksinya. Kedua pelaku mempunyai peran berbeda. SP merupakan sang eksekutor,  sedangkan RP berperan sebagai joki motor. Mereka ditangkap di dua tempat berbeda.

“Mereka ini targetnya korban yang lengah dengan barang bawaannya. Jika nampak, korban lengah langsung mereka eksekusi,” kata Riyanto.

Diterangkan Riyanto, berdasarkan pengakuan pelaku. Mereka sudah melakukan aksinya di empat lokasi. Kesemuanya berada di bawah wilayah hukum Polsek Sagulung.

“Saat ini mereka masih menjalani pemeriksaan intensif untuk mempertanggungjawabkan perbuatan yang dilakukannya,” terangnya.

Atas perbuatannya, kedua tersangka dijerat dengan pasal  363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, dan terancam 7 tahun penjara. (rega)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here