Foto: Internet

BatamXinwen, Batam – Menyambut bulan suci Ramadan 1440 H yang diperkirakan akan jatuh pada Mei mendatang, Kementrian Agama Kota Batam (Kemenag) menyiapkan beberapa imbauan kepada masyarakat, sepanjang bulan puasa tersebut.
Salah satunya adalah pengaturan tadarus dan pemberitahuan waktu sahur menggunakan pengeras suara.

Kepala Kantor Kementerian Agama Batam Zulkarnain Umar yang mengatakan, untuk
tadarus dengan pengeras suara akan dibatasi waktunya hingga pukul 22.00 Wib. Masyarakat disilahkan melakukan tadarus dan semua kegiatan di masjid sepanjang malam Ramadan, namun akan tetap dibatasi waktunya.

“Silakan tadarus di masjid sepanjang malam Ramadan, namun untuk penggunaan pengeras suara hanya sampai pukul 22.00 Wib saja. Hal itu dilakukan agar tak mengganggu saudara-saudara non muslim yang beristirahat,” katanya saat dihubungi, Rabu (24/4).

Menurut dia, imbauan itu akan disebar ke seluruh masjid yang ada di Batam untuk bisa diketahui dan dilaksanakan oleh umat Muslim. Namun demikian, lanjut dia, imbauan tersebut bukan merupakan sebuah larangan bagi umat untuk melakukan tadarus dan berdoa di masjid selama malam Ramadan. “Saya tegaskan imbauan ini bukan menjadi sebuah larangan bagi masyarakat yang ingin beribadah,” katanya.

Dia mengatakan pada prinsipnya pemerintah tak punya hak melarang umat untuk beribadah, mengaji dan atau melakukan aktivitas sepanjang malam hingga subuh. “Sekali lagio saya katakan bahwa tak ada larangan, silakan masyarakat mau mengaji sampai subuh juga tak masalah,” tambahnya.

Selain imbauan pembatasan waktu tadarus, pemerintah melalui Kementerian Agama juga akan mengeluarkan aturan mengenai pemberitahuan sahur yang hanya boleh
dilakukan dengan pengeras suara dan tak dilakukan terlalu cepat.

“Misalnya imsak pukul 04.20 Wib pemberitahuan sahur sekitar pukul 03.00 Wib
dengan jeda beberapa menit dan cukup pakai pengeras suara masjid saja,”
katanya.

Zukarnain mengatakan, masyarakat juga tidak disarankan untuk membangunkan sahur dengan menggunakan kentungan atau benda lainnya. Agar niatan membangunkan umat muslim sahur tak mengganggu orang lain.

“Saat menginformasikan waktu imsak juga boleh pakai sirine, agar yang menjalankan ibadah puasa tahu batas sahur,” kata Zulkarnain Umar.

Terkait jadwal imsakiyah Ramadan akan dikeluarkan 10 hari sebelum puasa melalui situs resmi Kantor Kementerian Agama.(Fatur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here