Batamxinwen, Jakarta – Ada 238 Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China, yang dikarantina dan diobservasi di Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) akan segera dipulangkan ke kediamannya masing-masing dalam waktu dekat.

Sejumlah pihak terkait sedang membahas teknis pemulangan ratusan WNI tersebut, hari ini, Kamis (13/2/2020).

Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Dr Achmad Yurianto mengatakan, hasil observasi para WNI akan diputuskan pada, Sabtu, 15 Februari 2020, pukul 12.00 WIB, berdasarkan keputusan bersama. Namun, Yurianto mengaku belum tahu kapan ratusan WNI itu akan dipulangkan.

Kemenkes hari ini dijadwalkan melakukan rapat bersama untuk membahas teknis serta waktu yang tepat untuk memulangkan ratusan WNI tersebut.

“Akan dirapatkan hari ini dan besok. Kalau saya ngomong kan berarti menurut saya, bukan keputusan rapat,” kata Yurianto saat berbincang dengan Okezone, Rabu, 12 Februari 2020, malam.

Menurut Yurianto, rapat bersama pembahasan teknis pemulangan ratusan WNI dari Natuna akan dipimpin oleh Panglima Komando Gabungan Wilayah 1 (Pangkogabwil 1). Nantinya, rapat bersama itu akan dihadiri oleh sejumlah pihak terkait.

“Sekarang mereka disini kan Dansatgas nya Panglima Komando Gabungan Wilayah 1 (pangkogabwil) itu dansatgas nya. Rapat besok (hari ini) dipimpin beliau. Termasuk ada Kemenkes,” bebernya.

Sekadar informasi, sebanyak 238 WNI dievakuasi dari Wuhan, China ke Indonesia menyusul maraknya virus covid-19. Virus itu dideteksi berasal dari kota Wuhan dan telah berdampak pada meninggalnya ratusan orang.

Mereka kemudian dikarantina dan diobservasi di Natuna sebelum nantinya dipulangkan ke kediamannya masing-masing. Sejauh ini, ratusan WNI itu dalam keadaan sehat dan hasilnya masih menunjukkan negatif virus covid-19.(*)

Sumber: Okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here