Ketahui Fakta Mengejutkan Tentang Tembok Raksasa China yang Jarang Orang Tahu

Tembok Raksasa di China. Foto/BX/IST_Net

BatamXinwen, China – The Great Wall of China atau Tembok Besar China dibangun selama berabad-abad oleh tangan manusia, dan mungkin ada beberapa orang yang belum pernah mendengar tentang hal itu.

Tembok Besar China sangat panjang dan masyarakat meyakini bahwa penampakantembok ini dapat terlihat hingga ke bulan. Benarkah demikian?

Untuk mengobati rasa penasaran, berikut BatamXinwen.com sajikan ulasan mengenai beberapa fakta seputar Tembok Besar China yang jarang diketahui orang.

1. Panjangnya

Orang biasanya berpikir bahwa panjang Tembok China adalah sekitar 3.900 mil atau 6.276 km. Tapi sebenarnya, panjang keseluruhan tembok tersebut adalah 5.500 mil (8.851 km). Panjang 3.900 mil adalah panjang dari dinding, tetapi jika ditambah panjang parit dan keseluruhan kompleks maka menjadi 5.500 mil. Jadi, jika Anda mencoba berjalan menyusuri keseluruhan dinding, mungkin akan membutuhkan waktu berbulan-bulan.

2. Berapa lama dibangun

Pembangunan tembok ini memakan waktu lebih dari 2 ribu tahun. Bagian pertama tembok dibangun pada awal abad ke-8 SM. Dan sisanya, menghabiskan waktu berabad-abad.

3. Memiliki banyak nama

Selama bertahun-tahun, Tembok Besar China telah banyak berganti nama, antara lain ” Barrier” , ” Fortress” , ” Rampant” , ” Purple Frontier” , ” Earth Dragon” , sampai pada akhir abad ke-19 mendapat nama resmi ” The Great Wall of China” .

4. Lama tak diketahui keberadaannya

Meskipun tembok ini telah ada selama lebih dari dua milenium, itu tak diketahui oleh seluruh dunia. Baru setelah ada penjelajah Portugis bernama Bento de Gois menginjakkan kaki untuk pertama kalinya di tempat ini, keberadaan Tembok China mulai diketahui dunia.

5. Mitos yang tidak benar

Mitos mengatakan bahwa material yang digunakan sebagai pondasi bangunan terbuat dari tulang manusia. Dan hal itu ternyata tidak benar. Bahan bangunan yang digunakan merupakan bahan-bahan yang tersedia kala itu seperti batu, puing-puing kayu, batu bata, genting tanah liat dan batu kapur.

6. Tembok terancam rusak

Kini, beberapa bagian Tembok China telah diawetkan dan direnovasi, sementara sebagian lainnya dalam keadaan rusak.

7. Selama berabad-abad tidak dibangun kembali

Pembangunan tembok ini resmi selesai pada tahun 1644 ketika penguasa terakhir dari Dinasti Ming digulingkan. Sejak itu, tidak ada pekerjaan lebih lanjut yang dilakukan terhadap Tembok China, kecuali upaya untuk pelestarian tembok.

8. Tingginya

Pada titik yang paling luas, Tembok China memiliki lebar 9,144 m dan tinggi 12 kaki (3,65 meter). Namun titik tertinggi dari tembok ini (atas Menara Jam) adalah sekitar 26 kaki (7,92 m).

9. Berapa banyak orang yang membangun?

Sulit untuk menentukan berapa banyak orang yang terlibat dalam pembangunan tembok ini. Tetapi, menurut beberapa penelitian, jumlahnya bisa mencapai 800.000 orang.

10. Tidak terlihat dari bulan

Ada mitos yang populer bahwa Tembok Besar China dapat terlihat dari bulan. Hal ini tidaklah benar. Beberapa astronot mengklaim bahwa mereka melihatnya. Tapi kemudian, terungkap bahwa yang mereka lihat adalah sesuatu yang lain (misalnya sungai).

Sumber:travel.dream.co.id/trendingpost.net

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here