Ketua KPU: Kesuksesan Pilkada (Demokrasi) Menentukan Pembangunan Indonesia

BatamXinwen – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengingatkan kepada jajarannya untuk menyiapkan diri menyongsong pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) 2018 serta pemiihan umum (pemilu) 2019.

Mengingat, suksesnya pilkada maupun pemilu akan sangat menentukan pembangunan di Indonesia.

“Salah satu pilar yang menentukan apakah pembangunan di Indonesia baik atau tidak, salah satunya adalah demokrasi, (dan demokrasi) salah satu ukurannya pemilu,”ujar Arief saat menutup kegiatan Rapat Kordinasi Penyusunan Rencana Kerja KPU 2019 di Hotel Double Tree Jakarta Kamis (15/2).

Arief melanjutkan, ukuran sukses tidaknya pilkada atau pemilu yang dibuat Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), adalah partisipasi pemilih serta tidak adanya konflik.

Dengan ukuran tersebut, ia pun sangat berharap jajaran KPU di setiap tingkatan dapat mengetahui apa yang harus dikerjakan dan diperbaiki. “Untuk menyelengggarakan pemilu yang baik, supaya program prioritas nasional tercapai,” lanjut Arief.

Arief mengingatkan, untuk mencapai pilkada dan pemilu yang sukses tantangan yang akan dihadapi tidaklah mudah.

Meski demikian dia menyemangati agar penyelenggara tetep mengedepankan integritas dan profesionalitasnya dalam bekerja.

“Tantangan itu makin hari makin berat. Maka apakah kita mampu menyumbang angka perbaikan (demokrasi) yang cukup pesat atau justru sebaliknya sumbangan angka demokrasi itu disumbang oleh penyelenggaraan pemilu yang tidak baik,” tambah Arief.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here