Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un meninjau daerah yang terdampak topan di Provinsi Hwanghae Selatan, Korea Utara, 27 Agustus 2020. Topan Bavi melanda Korea Utara setelah beberapa minggu terjadi hujan lebat yang menyebabkan banjir dan kerusakan pada rumah, serta tanaman pangan. KCNA via REUTERS

Batamxinwen, Jakarta – Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, mengklaim tak ada seorang pun yang tertular Covid-19 di negaranya. Hal itu diungkapkannya saat menghadiri parade militer Korut, Sabtu (10/10/2020).

Dalam acara itu, dia mengaku bersyukur tidak ada satu pun penduduk di Korea Utara yang tertular virus corona yang telah melanda dunia sejak wabah itu pertama kali muncul di negara tetangganya China, akhir tahun lalu.

Per hari ini, Covid-19 telah menginfeksi 37,1 juta penduduk dunia, berdasarkan data yang dihimpun laman Worldometer. Dari jumlah tersebut, lebih dari 1 juta jiwa meninggal dunia.

Korea Utara menutup perbatasannya sejak Januari lalu untuk melindungi warganya dari Covid-19. Pyongyang secara teratur juga mengatakan tidak ada kasus infeksi virus corona di negara itu.

Akan tetapi, media pemerintah Korut mulai menghindar dari pernyataan eksplisit semacam itu dalam beberapa bulan terakhir, dan malah menekankan pentingnya upaya pencegahan penyakit di kalangan warga mereka.

Dalam kesempatan yang sama, Kim juga berharap para pengidap virus corona di seluruh dunia memperoleh kembali kesehatan mereka.

“Saya berharap kesehatan yang baik untuk semua orang di seluruh dunia yang berjuang melawan penyakit dari virus jahat,” kata Kim, dikutip AFP, Sabtu (10/10/2020).

Korea Utara menggelar parade militer memperingati ulang tahun ke-75 berdirinya Partai Buruh Korea pada Sabtu (10/10/2020). Parade tersebut menampilkan beberapa persenjataan terbaru Pyongyang termasuk rudal balistik jarak jauh yang pertama kali ditampilkan ke publik.

Sumber: Inews.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here