KJRI Johor Bahru Selamatkan 7 ABK Kapal Indonesia Terdampar di Malaysia

Keberhasilan pemulangan WNI terlantar oleh KJRI Johor Bahru ke Batam

Batamxinwen, Batam – KJRI Johor Bahru menerima informasi dari Agensi Penguatkuasa Maritim Malaysia (APMM) terkait adanya kapal taksi air SB Wiratama asal Batam yang ditemukan terombang-ambing di perairan Malaysia, Sabtu (27/8/22).

Dalam penulusuran oleh Satgas Pelindungan WNI KJRI Johor Bahru, diketahui bahwa kapal tersebut membawa 7 orang ABK asal Indonesia yang merupakan pekerja di Kapal Pengangkut minyak MT Veras dan ingin kembali ke Batam.

Perwakilan KJRI Johor Baharu Rizali mengatakan Kapal SB Wiratama mengalami kehabisan bahan bakar saat menuju ke Batam, sehingga terombang ambing selama 2 hari di perairan Laut Cina Selatan. Kapal SB Wiratama ditemukan oleh Patroli Air Malaysia yang kemudian menarik kapal tersebut ke pelabuhan di wilayah Mersing, Johor.

“Menindaklanjuti laporan APMM, Satgas KJRI segera melakukan verifikasi kewarganegaraan 7 kru kapal tersebut dan berkoordinasi dengan lmigrasi Johor terkait proses pemulangan mereka ke Batam, dalam keterangan tertulis, Selasa (30/8/22).

Setelah dilakukan verifikasi dan pendataan kekonsuleran, APMM telah mengantarkan kapal SB Wiratama beserta kru untuk berlayar kembali ke perairan terluar Malaysia dan pada tanggal 28 Agustus 2022, seluruh kru WNI telah tiba dengan selamat di Pelabuhan Batu
Ampar Indonesia.

Keberhasilan pemulangan WNI terlantar oleh KJRI Johor Bahru ke Batam merupakan hasil dari komunikasi dan kerjasama yang telah terjalin baik selama ini antara KJRI Johor Bahru dan APMM. (Nca)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini