Anak buah kapal pencuri ikan berbendera Vietnam yang diamanka Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (KKP) Batam, saat diekspos di Pangkalan PSDKP Batam, Rabu (4/3). Foto: rega

Batamxinwen, Batam – Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (KKP) Batam, kembali melakukan penangkapan terhadap lima kapal pencuri ikan berbendera Vietnam di laut Natuna Utara.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo mengatakan lima kapal tersebut rata-rata berukuran 100 Gt, yang membawa 68 kru kapal dan hasil tangkap laut yang berjumlah hingga berton-ton.

“Untuk penangkapan kelima kapal tersebut pada hari Minggu (1/3) lalu, di laut Natuna Utara,” kata Edhy saat melakukan peninjauan langsung ke Pangkalan PSDKP Batam, Rabu (4/3)

Dia mengatakan, ke lima kapal tersebut adalah KG 94376 TS, PAF 4837, KG 94654 TS, PAF 4696, dan KG 95786 TS. Yang mana, pada saat penangkapan menggunakan alat tangkap berjenis trawl.

Penangkapan tersebut, menurut Edhy berkat kerja sama terstruktur yang dilaksanakan oleh lima kapal pengawas perikanan di Laut Natuna Utara yaitu KP. Paus 01, KP. Hiu Macan Tutul 02, KP. Orca 01, KP. Orca 02, dan KP. Orca 03.

“Pengamanan perairan ini, merupakan respon KKP dalam melaksanakan arahan Presiden untuk meningkatkan pengawasan dan wujud kehadiran negara di Laut Natuna Utara,” kata dia.

Dalam hal tersebut Edy juga memberikan penghargaan kepada petugas KKP yang berhasil mengamankan kapal asing yang dinilai merugikan potensi maritim Indonesia. (rega)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here