Kompetisi Sepak Bola Reguler, Minim Di Kepri

Batamxinwen, Tanjungpinang– Perkembangan cabang olahraga sepak bola khususnya di Kepulauan Riau (Kepri) sulit untuk menunjukkan trend positif dalam 5 tahun terakhir disebabkan minimnya pengalaman bertanding terutama bagi usia dini.

Dikutip dari RRI.co.id, menurut Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau,  Surya Makmur Nasution, di Tanjungpinang, Ia mengatakan hal tersebut tidak terlepas dari tidak adanya kompetensi reguler di daerah ini sehingga prestasi sepak bola junior Kepri masih jauh di bawah level daerah lain.

“Jangan dulu bicara level usia senior lah, anak-anak kita yg dibina di SSB usia 12 tahun misalnya, masih harus menambah lebih banyak lagi jam terbang, jam terbang. Ini yang belum ada di Kepri”, ungkap Surya, Selasa (24/07).

Tim asuhannya sendiri Blue Egale U-12  Kepri baru-baru ini berhasil menjadi finalis di ajang Aqua Danone Nations Cup 2018. Meski belum bisa berbicara banyak di kompetisi level nasional tersebut, namun anak-anak asuhnya telah menyelesaikan mengikuti pertandingan selama dua hari 21-22 Juli lalu di stadion Soemantri Brojonegoro di Jakarta.

“Kita cukup berbangga di tengah keterbatasan fasilitas dan dukungan, anak-anak Kepri telah menjadi finalis dari 16 Provinsi yang ikut dalam pertandingan Danone Cup,” katanya.

Selama pertandingan di grup, perwakilan Kepri ini memang belum beruntung. Skill dan mental tanding, anak-anak Sumut, Aceh dan Banten, lebih baik. 

Akan tetapi pertandingan diluar grup Kepri  sudah mampu menahan Sulawesi Barat 0:0 dan saat adu finalti skor 3:2 utk Sulbar.

Oleh karena itu, Ia mengatakan, tahun 2019 nanti dan seterusnya pemerintah daerah bersama induk olahraga atau dinas terkait beserta stakeholder lainnya perlu meningkatkan sinergitas untuk mendorong pembinaan sepak bola usia dini dengan membangun kompetisi reguler yang lebih baik dan konsisten.

“Kepri ini punya potensi sepak bola yang menjanjikan,  buktinya ketika anak-anak dibawa ke kompetisi nasional mereka mampu mengimbangi daerah lain.  Hanya saja memang mental bertanding apalagi mental juara harus kita pupuk lagi. Ini PR kita bersama, ” pungkasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here