BatamXinwen, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) akan melantik tiga pejabat struktural dari hasil seleksi. Juru Bicara KPK Febri Diansyah menuturkan, ketiga posisi jabatan itu adalah direktur penyidikan, direktur monitor, dan kepala biro perencanaan keuangan.

Rencananya mereka dilantik sekitar pukul 10.00 WIB, Kamis (20/9/2018). “Jadi ada tiga posisi yang besok akan dilantik. Ini merupakan hasil proses seleksi sebelumnya,” ujar Febri di gedung KPK, Jakarta, Rabu (19/9/3018) malam.

Terkait identitas ketiga pejabat tersebut, Febri enggan mengungkapkan lebih rinci. Ketiga nama itu akan diumumkan saat pelantikan besok. “Namanya siapa saya kira besok akan lebih tepat untuk diketahui saat pelantikan,” kata dia.

Lebih lanjut Febri mengungkapkan, ada sejumlah tahapan seleksi yang dilakukan. Tahapan itu seperti seleksi administrasi, tes potensi, kompetensi, bahasa, dan kesehatan. Lalu tahapan akhir melalui wawancara dengan pimpinan KPK. Terkait posisi direktur penyidikan, kata Febri,

KPK sempat melakukan seleksi sebanyak dua kali. Sebab, pada seleksi pertama tidak ada calon yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan. “Untuk seleksi pertama itu tidak ada yang terpilih meskipun sudah sampai pada tahap wawancara pimpinan,” ujarnya. Sementara dari tahap kedua, beberapa calon ada yang lolos hingga tahap akhir.

Kemudian pimpinan KPK menentukan pilihannya dari para calon yang lolos di tahap akhir. Salah satu pejabat struktural KPK yang sudah diketahui identitasnya adalah direktur penyidikan yang akan dipegang oleh Kombes (Pol) Panca Putra. Ia sebelumnya menjadi Wakil Direktur Tindak Pidana Umum (Wadirtipidum) Bareskrim Polri. Panca akan dilantik menggantikan Brigjen (Pol) Aris Budiman.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo membenarkan akan kabar tersebut. “Ya betul, nunggu pelantikan dan surat resmi dari Sumber Daya Manusia (SDM) Polri,” kata Dedi saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Rabu (19/9/2018) sebagaimana dilansir di kompas.com. (*)

Sumber : Kompas.com
Editor    : Agnes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here