BatamXinwen, Batam – Hingga Senin (9/7) atau memasuki hari ketujuh pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam terpantau masih sepi.

Informasi yang dihimpun Batamxinwen dari tim bagian teknis KPU Batam, ada beberapa partai politik (Parpol) yang telah mengonfirmasi akan mengajukan dokumen bacaleg paling cepat 12 Juli 2018 mendatang pada pukul 12.00 WIB, yakni PAN.

Kemudian tanggal 14 Juli, Partai Demokrat pukul 14.00 wib, serta tanggal 15 Juli PBB dan Perindo.

Sedangkan untuk tanggal 16 juli, yakni Partai Nasdem pada pukul 11.00 wib dan PKS pada jam 08.00 wib.

Hal ini telah Sesuai tahapan, pengajuan daftar bakal calon anggota DPRD kota Batam berlangsung mulai tanggal 4 sampai 17 Juli 2018 mendatang.

Waktunya, hari pertama sampai hari ke-13 dibuka dari pukul 08.00 pagi sampai 16.00 sore dan hari terakhir dari pukul 08.00 eib sampai 24.00 dini hari.

Komisioner KPU Batam Zaki Setiawan menjelaskan pengajuan daftar nama bacaleg Batam dilakukan oleh pimpinan parpol tingkat kota Batam.
Setiap parpol dapat mengajukan jumlah bakal calon paling banyak 100 persen dari jumlah kursi yang ditetapkan, pada setiap daerah pemilihan (dapil).

“Bacaleg tersebut disusun dalam daftar bakal calon yang memuat keterwakilan perempuan minimal 30 persen di setiap dapil. Dan daftar penempatan urutan bakal calon di setiap 3 orang bakal calon pada susunan daftar calon, wajib terdapat minimal 1 orang diantaranya yakni bakal calon perempuan,” katanya.

Ia juga menyampaikan, para pimpinan parpol juga harus menandatangani pakta integritas. Di antaranya menyebutkan, menjamin seluruh caleg yang diajukan memiliki integritas dan komitmen untuk tidak melakukan tindakan KKN.

Dan nama bacaleg bukan merupakan mantan terpidana bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak, atau korupsi.

“Di antara persyaratan bakal calon adalah sehat jasmani, rohani, dan bebas penyalahgunaan
narkotika, psikotropika dan zat adiktif. Serta terdaftar sebagai pemilih,” ucapnya.

Selain itu, syarat lainnya bagi bacaleg adalah dicalonkan hanya di 1 lembaga perwakilan, dicalonkan hanya oleh 1 parpol, dicalonkan hanya di 1 dapil, dan syarat lainnya.

“Partai Politik wajib memasukkan data pengajuan bakal calon dan data bakal calon serta mengunggah dokumen persyaratan pengajuan bakal calon dan dokumen administratif bakal calon ke dalam Silon,” jelasnya.

Hal itu disampaikan, Untuk mendukung dan memudahkan kerja KPU Batam dalam melakukan verifikasi kelengkapan pemenuhan persyaratan pengajuan bakal calon dan keabsahan pemenuhan persyaratan bakal calon nantinya. (pca)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here