BatamXinwen, Bintan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bintan berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan Bintan akan menelusuri data pemilih potensial Non KTP Elektronik, Rabu (11/7) pagi.

Berdasarkan penjelasan Koordinator Divisi Perencanaan dan Data KPU Bintan, Haris Daulay mengatakan data 5.546 pemilih potensial non KTP elektronik tersebut, merupakan hasil pencocokan dan penelitian data pemilih dari Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

Haris menambahkan data hasil coklit tersebut sudah ditelusuri pihaknya sehingga ditemukan data valid sekitar 3.169 warga Bintan, namun masih ada sekitar 2.377 data warga yang belum ditelusuri. 

“Hasil penelusuran kita, sudah kita temukan bahwa data coklit tersebut memang warga kita yang memenuhi syarat, namun belum punya KTP elektronik,” kata Haris. 

Haris menambahkan bahwa penjelasan yang disampaikan oleh Dinas Kependudukan Bintan mengatakan, bahwa kemungkinannya warga tersebut merupakan pemilih pemula.

Selain itu, warga yang belum melakukan perekaman untuk perpindahan data ke KTP elektronik. 

Ditambahnya, untuk data 2.377 yang belum ditemukan tersebut, pihaknya sudah meminta bantuan Dinas Kependudukan untuk melakukan penelusuran apakah data tersebut memang sesuai dan memenuhi syarat sebagai pemilih pada Pemilu 17 April 2019 nanti. 

Plh Dinas Kependudukan Kabupaten Bintan mengatakan bahwa pihaknya akan membantu melakukan penelusuran data yang diberikan untuk kemudian untuk kemudian ditindalanjuti kedepannya.

“Akan kami bantu telusuri dulu supaya nanti bisa ditindaklanjuti. Ini juga membantu kita Disduk untuk mendorong warga melakukan perekaman”, kata Irianto 

Irianto mengatakan bahwa pihaknya sudah menghimbau ke kecamatan-kecamatan supaya menghimbau warganya supaya mempercepat proses perekaman KTP elektronik. 

“Kita himbau warga kita supaya melakukan perekaman”, tutup Irianto. (And)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here