BatamXinwen, Batam – Terkait masyarakat pemegang E-KTP luar Batam dan belum terdaftar sebagai pemilih tetap, akan segera di data oleh komisi pemilihan umum (KPU) Batam agar mendapati hak pilihnya pada pemilihan umum (Pemilu) 2019 mendatang.

Komisioner KPU Batam, Syahrul Huda mengungkapkan, pihaknya telah berdiskusi dengan KPU Provinsi Kepri terkait bagaimana bagi masyarakat yang mempunyai e-KTP luar Batam agar tetap terdaftar dan memberikan suara pada pemilu.

“mengingat pada rapat pleno putusan daftar pemilih tetap (DPT) berjumlah 638.170 jiwa terbagi menjadi pemilih laki laki sebanyak 321.012 jiwa, Untuk pemilih tetap perempuan kota Batam tercatat sebanyak 317.158 jiwa, Kamis (23/8).

Menurutnya Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) diperuntukkan bagi warga dengan e-KTP luar Batam yang sedang menjalani rawat inap di puskesmas, penyandang disabilitas panti sosial, menjalani rehabilitasi narkoba, menempuh pendidikan, domisili kerja dan tertimpa bencana alam.

“Kami dengan KPU provinsi telah membahas bagaimana sesungguhnya DPTb itu nantinya. Namun, hingga saat ini belom ada keputusan dari KPU pusat, terkait data pemilih yang memiliki e-KTP di luar domisili dimasukkan ke DPT atau tidak,” ujarnya.

Ia menerangkan, nantinya KPU Batam akan tetap mendata pemilih yang tidak mempunyai e-KTP Batam tetapi berdomisili di Batam. Sehingga mendapatkan hak pilihnya sesuai Undang undang yang berlaku.

“Berdasarkan surat edaran dari KPU pusat no 563, nantinya KPU Provinsi dan kota tetap wajib mendata pemilih yang berdomisili di Batam seperti pondok pesantren, rumah kost, asrama pekerja, rumah susun dan tempat lain,” terangnya.

Ia melanjutkan, pihaknya akan segera mengirim surat kepada KPU Provinsi terkait data-data pemilih yang e-KTP luar Batam namun berdomisili di Batam.

“Kami akan segera menyurati KPU Provinsi Kepri terkait data-data pemilih yang bukan pemilik KTP Batam, DPTb nantinya diperuntukkan bagi warga yang berdomisili sementara di kota Batam dan belum terdaftar dalam DPT,” tandasnya.(pca)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here