KPUD Lingga Uji Publik Penambahan Daerah Pemilihan

BATAMXINWEN.COM, LINGGA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Lingga melakukan uji publik terkait usulan penataan daerah pemilihy serta alokasi kursi Anggota DPRD Kabupaten Lingga pada Pemilu 2019 mendatang di Hotel Lingga Pesona Daek.

”Kegiatan ini terbilang disengaja guna membangun kesepahaman antara KPUD Lingga dan publik, khususnya pemangku kepentingan dalam penataan Dapil dan alokasi kursi anggota DPRD untuk Pemilu Tahun 2019,” kata Ketua KPU Kabupaten Lingga Agussyuriawan Rabu (7/2).

Berdasarkan masukkan dan usulan yang diterima, KPUD Lingga menghadirkan sejumlah Pimpinan unsur partai politik, instansi Pemerintah Kabupaten Lingga serta tokoh masyarakat dan akademisi.

Dan disepakati bahwa Kecamatan Senayang akan dimekarkan menjadi Dapil tersendiri, yaitu dapil 3. Mengingat jumlah penduduknya saat ini telah 20.350 jiwa.

Apabila pemekaran dapil ini di setujui oleh KPU RI, maka Kabupaten Lingga akan memiliki 3 Dapil dan ada 4 kursi anggota DPRD dari Dapil tersebut.

“Kita hanya sebatas mengusulkan, sedangkan KPU RI yang akan memutuskan,” kata Pria yang akrab dipanggil Iwan ini.

Sementara itu, Sekretaris Partai Perindo Kabupaten Lingga Misran mengaku pihaknya sangat mendukung upaya penambahan Dapil, meskipun jumlah kursi DPRD tidak bertambah (20 kursi).

Hal ini disebabkan, selama ini Kabupaten Lingga hanya memiliki 2 Dapil, sehingga masyarakat yang ada Kecamatan Senayang kurang terwakili mengingat letak geografisnya yang cukup jauh.

Misran juga menegaskan Kecamatan Senayang saat ini terdiri dari 18 Desa dan 1 Kelurahan dengan jumlah penduduk yang tersebar di pulau-pulau.

“Sudah saatnya Kecamatan Senayang menjadi Dapil sendiri, sehingga masyarakat di daerah tersebut terwakili dan kesejahteraan dapat terjamin,” ujar Misran. (Jhony)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here