Logistik Telat Datang, Panitia Buat Kotak Suara dari Kardus/BX/Foto: Viva.co.id

Batamxinwen, Sumsel – Proses pemungutan suara di Jalan Talang Keramat, Kelurahan Kenten, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, sedikit terhambat. Pengiriman logistik di beberapa TPS di wilayah tersebut sedikit terlambat. Akibatnya warga sekitar tidak dapat langsung menyalurkan hak suaranya.

Dari informasi yang didapat, hingga waktu pencoblosan, belum ada satupun logistik pemilu yang diterima panitia TPS. Salah satunya ialah di TPS 14 Kelurahan Kenten, Kecamatan Talang Kelapa. Logistik tidak kunjung tiba hingga pukul 11.30 WIB.

“Sampai pagi tadi, belum ada logistik pemilu yang datang. Kami sudah dari semalam menunggu dan berinisiatif mendatangi langsung kantor lurah,” kata panitia TPS 14, Susilawati, Rabu 17 April 2019.

Karena tidak kunjung datang, panitia mendapat instruksi dari pihak kelurahan untuk membuat bilik suara menggunakan kotak kardus. Hal ini dilakukan sebagai upaya antisipasi jika bilik suara tidak juga tiba.

Sejak pukul 09.00 WIB, mereka langsung merancang kotak suara dari dua kardus besar, yang ditutup menggunakan tripleks. “Sekarang ketua RT dan ketua TPS sedang mengecek ke kelurahan, apakah logistik pemilu sudah datang atau belum,” katanya.

Dari pantauan, warga sekitar sudah berdatangan ke TPS sejak pukul 07.00 WIB. Namun banyak yang akhirnya kembali lagi ke rumah karena belum bisa menggunakan hak suaranya.

Di TPS ini ada 260 Daftar Pemilih Tetap atau DPT dari dua RT yang sudah antre menunggu kedatangan logistik Pemilu di TPS 14. Kondisi serupa juga dialami TPS 11 Kelurahan Kenten. Para panitia masih menunggu kabar datangnya logistik pemilu.

“Masih menunggu juga. Kita membuat bilik suara dari tripleks, sebagai solusi saja jika tidak ada bilik suara,” ungkap Rizal Aprilio, Panitia TPS 11.


Sumber: Viva.co.id

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here