Mahasiswa UIB ke Lapas Batam, Ada Apa?

Batamxinwen, Batam – Mahasiswa Universitas Internasional Batam (UIB) melakukan kunjungan studi dan observasi langsung ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kota Batam, yang terletak di Jalan Trans Barelang, Kecamatan Sagulung, Kota Batam, Sabtu (14/12).

Rombongan yang terdiri atas 52 mahasiswa Fakultas Hukum UIB tersebut dipimpin oleh Dosen Tantimin. Kedatangan mereka disambut oleh Kasubsi Registrasi Adi prasetyo, dan Kasi Binadik Fajar Kusnaldi.

“Jumlah mahasiswa yang ikut serta berjumlah 52 orang dari Fakultas Hukum UIB,” ujar Tantimin kepada batamxinwen melalui pesan singkat, Sabtu (14/12) malam.

Pada kesempatan tersebut, menurut dia, Adi Prasetyo mewakili pihak lapas memberikan penjelasan kepada mahasiswa tentang seluk beluk proses pembinaan warga lapas, yang wajib diketahui para mahasiwa hukum.

“Sangat penting bagi mahasiswa melakukan kunjungan observasi dengan melihat langsung pembinaan narapidana yang sedang menjalani hukuman pidana di Lapas Kelas IIA Batam, terkait pembinaaan narapidana dan hak2 para narapidana,” kata advokat ternama Kota Batam ini.

Selain itu, para mahasiswa didampingi Tantimin juga diberikan kesempatan untuk berinteraksi dan mempraktekkan konseling hukum kepada narapidana sebagai wujud pengabdian kepada warga binaan Lapas Kelas IIA Batam.

“Lapas sebagai bagian akhir sistem pemidanaan dalam Hukum Acara Pidana, yang bertujuan agar Warga Binaan lembaga Pemasyarakatan menyadari kesalahannya, memperbaiki diri, dan tidak mengulangi tindak pidana, sehingga dapat diterima kembali oleh lingkungan masyarakat, dapat aktif berperan dalam pembangunan, dan dapat hidup secara wajar sebagai warga yang baik dan bertanggung jawab,” pungkas Tantimin. (Ependi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here