Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Kesehatan, Bisa Bikin Bahagia Loh!

Ilustrasi mandi air dingin (f: bumimandiricentre)

Batamxinwen, Jakarta – Mandi merupakan salah satu praktik kebersihan paling mendasar bagi setiap orang. Selain menyegarkan, mandi juga bisa membersihkan diri dari berbagai kuman.

Cara mandi dari setiap orang berbeda-beda, tak sedikit orang yang lebih suka mandi dengan air dingin. Nah, dari segi kesehatan, ternyata mandi pakai air dingin itu bermanfaat loh! Apa saja manfaatnya? Menghimpun berbagai sumber, Selasa (26/7/2022) yuk intip ulasan singkatnya berikut ini.

1. Meningkatkan endorfin: Mandi air dingin ternyata bisa meningkatkan endorfin (hormon bahagia) secara alami. Endorfin dilepaskan saat mandi pakai air dingin, efek ini mengarah pada perasaan sejahtera dan optimisme. Mandi dengan air dingin juga bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri dan stres dalam tubuh.

2. Membantu penyembuhan cedera: Khusus bagi mereka atlet, mandi air dingin diketahui bermanfaat bagi kesehatan. Data menyebutkan, air dingin berguna untuk penyembuhan setelah cedera olahraga.

3. Melawan penyakit: Mandi dingin juga diketahui bisa melawan penyakit, leukosit membantu melawan infeksi di dalam tubuh. Kejutan air dingin dalam aliran darah bisa merangsang leukosit tersebut. Artinya, mandi air dingin dapat membantu daya tahan tubuh terhadap penyakit umum, seperti pilek dan flu.

Merujuk pada studi penelitian Pengaruh Mandi Air Dingin pada Kesehatan dan Pekerjaan: Uji Coba Terkendali Secara Acak, uji klinis menunjukkan bahwa orang-orang mandi air dingin lebih jarang sakit. “Mandi air dingin rutin menghasilkan pengurangan statistik ketidakhadiran penyakit pada orang dewasa tanpa komorbiditas yang parah,” bunyi keterangan kesimpulan studi penelitian, dikutip dari National Institute of Health. (*)

Sumber : okehealth

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here