Membumikan Melayu, Managemen Bandara Hang Nadim Batam Terapkan Aturan ini

ilustrasi Bandara Hang Nadim Batam

BatamXinwen.com, Batam – Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam, Suwarso mengatakan, Otoritas Bandara saat ini akan menerapkan aturan baru.

Yakni sebuah aturan untuk mendukung penerapan peraturan daerah (perda) kota Batam.

“Dalam waktu dekat, bagi karyawan dibagian pelayanan di Bandara, akan dihimbau mengenakan pakaian adat Melayu,” kata Suwarso, Senin (2/4).

Aturan baru tersebut akan mulai diberlakukan pada bulan April ini. Dimana seluruh karyawan di bagian pelayanan Bandara Hang Nadim diwajibkan untuk berbusana melayu setiap hari Jum’at.

Hal itu kata Suwarso, sebagai bentuk upaya Otoritas Hang Nadim Batam untuk membumikan budaya Melayu.

“Kami juga sudah meminta pihak LAM untuk menyediakan musik instrumen Melayu,” katanya.

Instrumen Melayu itu tambah dia, akan diputar Otoritas Bandara disela-sela tidak adanya kegiatan operasional bandara maupun disaat waktu senggang, dengan tujuan agar suasana di Bandara kental akan budaya Melayu.

“Paling tidak inilah bentuk dukungan kami terhadap peraturan dari pemerintah,” ujar Suwarso.

Untuk teknis aturan mengenakan pakaian Melayu, kata Suwarso, ada permintaan ke pihaknya untuk menggunakan busana Melayu tersebut digunakan lengkap dengan tanjak atau topi khas Melayu. Aturan ini kata dia akan diterapkan bertahap di Bandara.

“Ada permintaan seperti itu, tapi kalau di bandara untuk pakaian saja dulu agar memudahkan petugas melayani calon penumpang. Saat ini kami masih mengkaji untuk penerapan kedepan,” ujarnya. (ham)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here